Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru

Authors

  • Sahrul Sahrul Institut Az Zuhra

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.676

Keywords:

Model pembelajaran Kooperatif, Strategi Think-Talk-Write (TTW),, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW pada peserta didik kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru yang berjumlah 15 orang peserta didik dengan 8 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis rata-rata (Mean), Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata skor dasar yakni 46,67% pada ulangan harian 1 menjadi 46,67% kemudian meningkat pada ulangan harian 2 menjadi 73,33% dan akhirnya pada ulangan harian 3 meningkat lagi menjadi 80%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru.

References

Akhtar, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Jurnal SIGMA, 2 (1): 2460-593X.

Antasari, J. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Dolok Padamean. Journal Of Mathematics Education and Applied, 1 (1).

Daga, A. T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i 3.1279

Fitri, M. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tink Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Mathematics Education and Sciens ( MES), 2 (2): 2579-6550.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. 2020. Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105–117.https://doi.org/10.36088/manazhim.v 2i1.638

Hernaeny, U., & Alfin, E. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3): 233-244.

Isjoni. (2017). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekan Baru: Alvabeta

Prasetyo, A. H. 2021. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Penerbit Adab.

Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) dengan Media LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi Peserta didik Kelas VIII-B MTs Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 95-101.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Renika Cipta.

Suharsimi, dkk.2009. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Media Grup

Sri Rezeki. 2009. Analisa Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan dalam seminar pendidikan Matematika Guru SD/SMP/SMA se- Riau di PKM UIR, Pekanbaru, 7 November 2009

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2): 273-282.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Sahrul, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 2(01), 45–54. https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.676