Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Tangerang

Authors

  • Ruruh Rachmawati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Rina Nurmaladewi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Fitroh Handayani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Huri Suhendri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1663

Keywords:

Kesulitan belajar, Matematika, Strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesulitan belajar matematika dari dua perspektif, yaitu guru dan siswa, di kelas X Teknik Mesin dan X Desain Gambar Mesin SMK Negeri 4 Tangerang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed methods). Data kuantitatif diperoleh dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS) matematika, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara terhadap dua guru matematika dan lima siswa dari masing-masing kelas. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa meskipun metode pengajaran guru sudah bervariasi dan menggunakan media pembelajaran digital, sebagian siswa masih mengalami kesulitan terutama pada materi yang abstrak dan kompleks. Guru memberikan perhatian individual dan metode remedial untuk membantu siswa yang kesulitan, namun masih menghadapi tantangan motivasi belajar dan kemampuan dasar berhitung siswa yang rendah. Data nilai UAS menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh nilai pada rentang 55–74 dengan rata-rata 61, mengindikasikan kemampuan matematika yang sedang dengan variasi cukup besar antar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembelajaran matematika sangat dipengaruhi oleh kombinasi metode pengajaran yang adaptif, penggunaan media yang tepat, dan peran aktif guru dalam memahami karakteristik siswa. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan kontekstual.

References

Arifin, Z. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v8i1.1234

Barida, M., Anam, K., & Santoso, A. (2024). Implementasi pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 1–10.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2012). Strategi belajar mengajar (Revisi ed.). Rineka Cipta.

Handayani, N., Rahayu, D. S., & Nugraha, R. (2024). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi matematika siswa SMK. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 89–98.

Hariyanto, D., Aditama, Y., & Rusdiana, H. (2022). Pengaruh komunikasi guru terhadap semangat belajar matematika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 66–75.

Hasyim, M. A., & Abadi, T. (2023). Analisis faktor-faktor kesulitan belajar matematika pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2), 112–120.

Hidayati, R. (2018). Faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 33–42.

Lestari, N., Purnami, S., & Arigiyati, T. (2021). Motivasi, kemandirian, dan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(3), 201–210.

Nursyamsi, A. (2019). Kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika abstrak. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 23–31.

Nurfallah, I., & Pradipta, R. (2021). Efektivitas media digital dalam pembelajaran matematika pada era new normal. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(2), 77–86.

Prasetyo, D. (2019). Strategi peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 49–57.

Putri, D. A., & Santoso, R. (2021). Evaluasi efektivitas penggunaan media digital dalam pembelajaran matematika di SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Vokasi, 5(1), 58–65.

Rowiyah, N., & Fitrianna, M. (2020). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Matematika, 9(1), 21–29.

Sari, N. M., & Wahyuni, D. (2020). Pentingnya penguasaan matematika dalam dunia kerja bagi siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 134–141.

Sari, Y. A., Ramadhan, T., & Arumsari, R. (2022). Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 55–63.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Rachmawati, R., Nurmaladewi, R., Handayani, F., Suhendri, H., & Andriani, S. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Tangerang. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(02), 155–164. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1663