Penerapan RMS dengan Aplikasi Mindomo: Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis Matematis Peserta Didik

Authors

  • Ruruh Rachmawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Bambang Sri Anggoro Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1649

Keywords:

Kemampuan Analitis Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, RMS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran RMS mindomo application terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan penelitian faktorial 2 × 3. Sampel dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII C, VIII D dan VIII F MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi secara acak atau dengan undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen Quasy Eksperimental Design yaitu dengan memberi tiga perlakuan berbeda terhadap tiga kelas. Sebelum menguji hipotesis penelitian, uji normalitas dilakukan. Dalam penelitian ini Multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis memiliki tingkat signifikansi < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analitis matematis. Hasil pengujian hipotesis diperoleh signifikansi < 0.05 yang menunjukan bahwa terdapat dampak pada kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis yang diberikan model RMS minomo application daripada pembelajaran RMS dan pembelajaran ekspositori. Oleh karena itu, terdapat dampak model pembelajaran RMS mindomo application terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis pada peserta didik kelas VIII MTS Al-Hikmah Bandar Lampung.

References

Anggoro, Bambang Sri. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 11–20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23.

Anggoro, Bambang Sri, and Nukhbatul Bidayati Haka. 2019. “Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi The Development of Al- Qur ’ an Hadith Based on Biology Subject for Class X Student High Scholl / MA Level Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Al-Qur ’ an Hadist Pada Mata Pelajaran Received : 20 February 2019 R.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 5 (2): 164–72. https://core.ac.uk/download/pdf/229102529.pdf.

Arifa, Fieka Nurul, and Ujianto Singgih Prayitno. 2019. “Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional Di Indonesia.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 10 (1): 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229.

Bambang Sri Anggoro, Safitri Agustina, Ramadhana Komala, Komarudin, Kittisak Jermsittiparsert, and Widyastuti. 2019. “An Analysis of Students’ Learning Style, Mathematical Disposition, and Mathematical Anxiety toward Metacognitive Reconstruction in Mathematics Learning Process” 10 (2): 187–200.

Diani, Rahma, Ardian Asyhari, and Orin Neta Julia. 2018. “Pengaruh Model Rms (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum.” Jurnal Pendidikan Edutama 5 (1): 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128.

Kasri, Kasri. 2018. “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD.” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 2 (3): 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69.

Kusuma, Rahmat Diyanto Fitri Dwi, Sri Purwanti Nasution, and Bambang Sri Anggoro. 2018. “Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer.” Desimal: Jurnal Matematika 1 (2): 191. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2557.

Mai Sri Lena, Netriwati, Nur Rohmatul Aini. 2019. Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Megawanti, Priarti. 2012. “Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 (3): 227–34.

Panca, Ayu Mutiara. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, And Sharing) Berbantuan APL (Alat Peraga, Power Point, Lembar Kerja Peserta Didik) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.”

Siska Andriani. 2015. “Evaluasi CSE-UCLA Pada Studi Proses Pembelajaran Matematika.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (2): 167–75.

Sugiharti, Sapta Desty, Nanang Supriadi, and Siska Andriani. 2019. “Efektivitas Model Learning Cycle 7E Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8 (1): 41–48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573.

Widyastuti, Rany, Suherman, Bambang Sri Anggoro, Hasan Sastra Negara, Mientarsih Dwi Yuliani, and Taza Nur Utami. 2020. “Understanding Mathematical Concept: The Effect of Savi Learning Model with Probing-Prompting Techniques Viewed from Self-Concept.” Journal of Physics: Conference Series 1467 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012060.

Yasinta, Paskalia, Etriana Meirista, and Abdul Rahman Taufik. 2020. “Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl).” Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika 2 (2): 129–38. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769.

Yusmin, Edy. 2017. “Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 9 (1): 2119–36. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Rachmawati, R., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2025). Penerapan RMS dengan Aplikasi Mindomo: Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis Matematis Peserta Didik. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(02), 144–154. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1649

Most read articles by the same author(s)