Implementasi Structural Equation Modeling Dalam Mengetahui Dampak Persepsi Siswa Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Justin Eduardo Simarmata Universitas Timor
  • Metriana Maria Kono Universitas Timor
  • Yosepha Patricia Wua Laja Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1221

Keywords:

SEM, Persepsi Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pengaruh variabel persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kefamenanu yang berjumlah 201 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sensus di mana seluruh anggota dalam populasi digunakan sebagai sampel. Untuk memperoleh tujuan penelitian ini, Peneliti menggunakan instrumen berupa kuisioner dan dokumentasi hasil belajar siswa. Dalam pengolahan data digunakan metode analisis structural equation modeling (SEM) untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara persepsi siswa tentang matematika terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat  diketahui melalui nilai koefisien jalur yang bertanda negatif yaitu sebesar -0.15. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa memiliki pengaruh signifikan dengan koefisien determinasi  sebesar 53%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa berkontribusi sebesar 53% terhadap hasil belajar, sisanya adalah variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

References

Alviana, M., Sukmawati, A., & Amalia, R. (2024). Pengembangan E-Modul Konteks Lahan Basah Menggunakan Flipbook Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas Ix. Jurmadikta, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2271

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 292, 336.

Dyah Haerunnisa, & Adi Ihsan Imami. (2022). Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2015

Fitroh, M. I., & Sari, A. F. (2018). Pengaruh persepsi matematika siswa terhadap hasil belajar siswa di SMKN 1 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 148–156. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26042%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/download/26042/18260

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS23. Cetakan VII. Badan Penerbit Univeristas Diponegoro. Semarang

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). SMA. 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Herdiani, E. T. (2018). Modifikasi Penaksir Robust dalam Pelabelan Outlier Multivariat. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 14(1), 46. https://doi.org/10.20956/jmsk.v14i1.3537

Hermawan, A. S., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 7. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p7-12

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Laja, Y. P. W., & Simarmata, J. E. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Persiapan Tes Utbk Siswa Sman 1 Kefamenanu. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(2), 58–64. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss2year2022page58-64

Prastika, Y. D. (2020). Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(2), 17–22.

Simarmata, J. E., & Chrisinta, D. (2022). A Structural Equation Modelling Approach for College Students Financial Literacy. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.32734/jormtt.v4i2.15849

Supriadi, Y., Sulaiman, S., & Sumini, S. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 357–374. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.724

Wua Laja, Y. P., & Retnawati, H. (2019). Apakah Think-Pair-Share Dapat Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa Smp? RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i1.190

Wulandari, N. P., & Junaidi, J. (2024). Kesalahan mahasiswa non-matematika dalam melakukan uji normalitas. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 323–328. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7204

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Simarmata, J. E., Kono, M. M., & Laja, Y. P. W. (2025). Implementasi Structural Equation Modeling Dalam Mengetahui Dampak Persepsi Siswa Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(01), 36–45. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1221