Identifikasi Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Structural Equation Modeling

Authors

  • Justin Eduardo Simarmata Universitas Timor
  • Maria Gabriela Bait Bifel Universitas Timor
  • Ferdinandus Mone Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1220

Keywords:

SEM, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak fasilitas belajar terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa di tingkat SMA. Fasilitas belajar yang diteliti meliputi ruang kelas, alat peraga, teknologi pendidikan, serta dukungan infrastruktur lainnya yang tersedia di sekolah. Fasilitas tersebut dipercaya memiliki peran yang signifikan dalam mendukung pembelajaran yang efektif serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto dan menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis hubungan antara fasilitas belajar dan hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari 164 peserta didik kelas XII SMA Negeri Taekas Tahun ajaran 2024/2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh variabel laten fasilitas belajar terhadap hasil belajar, berdasarkan nilai koefisien jalur, sebesar 0,28 yang bersifat positif terhadap Y. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XII SMA Negeri Taekas.

References

L. W. Anderson, Learning in the 21st Century: New Skills, New Demands. 2021.

K. Z. Athanasios Papastamatis, Dimitris Papastamatis, “The Effect of Learning Environment on Student Performance: A Systematic Review.,” Educ. Sci., vol. 10, p. 243, 2020.

A. H. Schoenfeld., Mathematical Problem Solving: A Guide to Improving Thinking, Reasoning, and Understanding. Academic Press, 2022.

O. for E. C. and D. (OECD), PISA 2018 Results: Effective Policies, Successful Schools. Paris, Prancis: OECD Publishing, 2021.

L. Z. Eric A. Hanushek, Ludger Woessmann, “The Impact of School Resources on Educational Outcomes in Developing Countries: A Meta-Analysis,” Econ. Educ. Rev., vol. 87, 2022.

R. B. Kline, Principles and Practice of Structural Equation Modeling (4th ed.). Guilford Press, 2021.

C. M. R. Sarstedt, Marko, Joseph F. Hair Jr., Joachim Hock Cheah, Jan-Michael Becker, “How to Specify, Estimate, and Validate Higher-Order Constructs in PLS-SEM,” J. Bus. Res., vol. 128, pp. 345–355, 2022.

M. W. M. Wolf, Edward J., Kevin M. Harrington, Steven L. Clark, “Sample Size Requirements for Structural Equation Models: An Evaluation of Power, Bias, and Solution Propriety,” Struct. Equ. Model. A Multidiscip. J., vol. 28, pp. 1–14, 2021.

R. E. A. Joseph F. Hair Jr., William C. Black, Barry J. Babin, Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning, 2021.

B. M. Byrne, Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications, and Programming (4th ed.). Routledge, 2020.

R. G. L. Raymond E. Schumacker, A Beginner’s Guide to Structural Equation Modeling (4th ed.). Routledge, 2020.

L. S. F. Tabachnick Barbara G., Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson, 2021.

P. H. Kock, Niels, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications, 2018.

P. M. B. Hu L. Todd, “Evaluating Model Fit in SEM: Guidelines for CFI and TLI.,” Struct. Equ. Model. A Multidiscip. J., 2020.

R. C. Browne, Michael W., “Alternative Ways of Assessing Model Fit in SEM: RMSEA and Its Applications,” Psychol. Methods, 2021.

Keneq, B. (2020). Penerapan Analisis Jalur (Path Analysis) Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Diferensial, 2(2), 129-149.

Simarmata, Justin Eduardo, and Debora Chrisinta. "A Structural Equation Modelling Approach for College students Financial Literacy." Journal of Research in Mathematics Trends and Technology 4.2 (2022): 1-5.

Simarmata, Justin Eduardo, Ferdinandus Mone, and Debora Chrisinta. "Structural Equation Modeling: The Influence of School Environment on Students' Interest in Selecting State University." JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 8.2 (2024): 378-389.

Simarmata, J. E., Mone, F., & Chrisinta, D. (2024). Structural Equations Modeling Approach: Issues in selecting a University. JOIV: International Journal on Informatics Visualization, 8(3), 1203-1212.

Simarmata, Justin Eduardo, Ferdinandus Mone, and Debora Chrisinta. "The Effect of Improving Human Resources for Student Interest in Selecting University on Food Security and Health: Structural Equation Modeling (SEM)." RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 6.1 (2024): 14-24.

Sopbaba, Merlina, Justin Eduardo Simarmata, and Kondradus Yohanes Klau. "Pemodelan Persamaan Struktural Kemampuan Akademik dan Karakteristik Individu dalam Mengidentifikasi Ketertarikan Siswa Kelas XII dalam Memilih Perguruan Tinggi Negeri." Jambura Journal of Probability and Statistics 5.2 (2024): 54-59.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Simarmata, J. E., Bifel, M. G. B. ., & Mone, F. . (2025). Identifikasi Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Structural Equation Modeling. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(01), 27–35. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1220