Kajian Perkembangan Kognitif Dan Psikologi Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.995Keywords:
Perkembangan Kognitif, Psikologi Sosial, Pendidikan DasarAbstract
Proses perkembangan kognitif pada anak mencakup kemampuan berpikir, memproses informasi, dan menyelesaikan masalah yang berkembang seiring waktu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan dalam pengembangan kurikulum yang lebih baik dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan metode penilaian kualitatif dipilih atas pertimbangan situasi yang kompleks sedemikian rupa dan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.. Berdasarkan teori-teori seperti Piaget dan konsep-konsep penting dalam psikologi perkembangan, penelitian menemukan tahap-tahap perkembangan kognitif dari kelas 1 hingga kelas 3. Penekanan pada pentingnya pemahaman yang dalam terhadap perkembangan anak dalam konteks pendidikan anak sekolah dasar kelas rendah. Guru dan pendidik perlu memahami perbedaan individual dalam perkembangan anak-anak mereka untuk merancang strategi pengajaran yang efektif. Adapun aspek sosial dan emosional, abstrak ini menyoroti bagaimana anak-anak pada usia ini mulai mengembangkan hubungan sosial dan kemampuan untuk mengatur ekspresi emosi mereka secara sosial diterima. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah meningkatkan pendidikan anak usia sekolah dasar dengan memperhatikan karakteristik individu mereka, memungkinkan pendidik untuk memberikan dukungan yang lebih baik dan efektif selama proses pembelajaran mereka.
References
Alhaddad, I. 2012. “Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang.” Infinity Journal 1(1).
Azizah, S. R., N. D. Arofah, and A. Sumitra. 2019. “Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 2(2).
Baehaqi, K., and A. R. Hakim. 2020. “Peran Ekstrakulikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SMAN 1 Ciwaringin.” Jurnal Pendidikan Indonesia 14(4).
Benner, A. D., and R. S. Mistry. 2020. “Child Development During the COVID‐19 Pandemic Through a Life Course Theory Lens.” Child Development Perspectives 14(4).
Bujuri, D. A. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Mengajar.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9(1).
Fatmawati, Nurul. 2023. Asuhan Neonatus-Bayi Balita Dan Anak Pra Sekolah. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Fitria, Y., A. K. Kenedi, and S. K. Syukur. 2021. “The Effect Ff Scientific Approach on Elementary School Students’ Learning Outcomes in Science Learning.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 7(1).
Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasahan Anak. Malang: UIN Malang Press.
Hidayati, A., A. Hida, and Y. Yati. 2016. “Merangsang Pertumbumbuihan Dan Perkembangan Anak.” Jurnal Perkembangan 12(1).
Hidayati, Wiji, and Sri Purnami. 2008. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Teras.
Juwantara, R. A. 2019. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9(1).
Moleong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morawska, A. 2020. “The Effects of Gendered Parenting on Child Development Outcomes: A Systematic Review.” Clinical Child and Family Psychology Review 23(4).
Mulyati, Y. 2017. “Kosakata Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah (Kajian Jenis Kata, Bentuk Kata, Jenis Makna, Dan Medan Makna).” Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya 45(1).
Phua, D. Y., M. Z. L. Kee, and M. J. Meaney. 2020. “Positive Maternal Mental Health, Parenting, and Child Development.” Biological Psychiatry 87(4).
Rahmat, P. S. 1996. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramdani, Y. 2022. “Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) 13(1).
Sujanto, Agus. 2014. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumantri, M. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syamsu, Yusuf. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianingsih, Syamsu. 2016. “Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.