Kajian Permasalahan Bidang Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar

Authors

  • Heni Purwulan Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.683

Keywords:

Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikannya, serta tindakan yang diambil oleh guru untuk mengatasi hambatan tersebut di SDN 1 Jiwan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa kelas I dan IV sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menguji keabsahan data melalui Teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 1 Jiwan, telah diterapkan Kurikulum Merdeka Belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, serta pembelajaran berbasis mata pelajaran. Namun, guru menghadapi sejumlah hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, seperti kesulitan dalam menganalisis CP, merumuskan TP, menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan metode dan strategi pembelajaran, serta keterbatasan kemampuan dalam menggunakan teknologi dan sumber belajar. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan upaya seperti pertemuan rutin dengan Kelompok Kerja Guru, mendapatkan pendampingan dari Pengawas, serta mendapatkan bimbingan khusus dari kepala sekolah. Mereka juga menggunakan buku abjad, membuat lembar kerja, dan mengembangkan format proyek sendiri. Selain itu, guru melanjutkan proyek di rumah, membuat catatan, dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam penerapan kurikulum tersebut.

References

Ainia, D. K. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3).

Angga, A., C. Suryana, A. H. Hernawan, and P. Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6(4).

Ariga, S. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Implementation of the Independent Curriculum After the Covid-19 Pandemic.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2).

Bahri, S. 2017. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1).

Daga, A. T. 2021. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3).

Farida, Sifa. 2019. “Peran Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Memoderasi Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha.” Program Studi Pascasarjana Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Fatih, Alfieridho, Sembiring, and Fadilla. 2022. “Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya Di SD Terpadu Muhammadiyah.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1).

Indrastoeti, Jenny, and Siti Istiyati. 2017. Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Mulyasa, E. 2021. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan-Kemendikbudristek Dikti. 2021. Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA.

Rahayu, S., and D. Rossari. 2021. “Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19.” Jptam.Org 5.

Rahmadayanti, D., and A. Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4).

Rahmadhani, P., D. Widya, and M. Setiawati. 2022. “Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa.” JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(4).

Sibagariang, D., H. Sihotang, and E. Murniarti. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2).

Sutrisno. 2022. “Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar.” ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal 3(1).

Syafi’i, Fahrian F. 2021. “Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.

Wibowo, D. R. 2021. “Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7(2).

Yamin, M., and S. Syahrir. 2020. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1).

Yusuf, M., and W. Arfiansyah. 2021. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 7(2).

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Purwulan, H. (2024). Kajian Permasalahan Bidang Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 9–17. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.683