MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PRESTASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.9Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, PrestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvensional pada siswa SMP materi aljabar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pretest-posttest. Penelitian ini membandingkan Jigsaw dengan konvensional yang biasanya menggunakan pembelajaran langsung. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis efektifitas kedua pembelajaran tersebut. Hasil uji ANOVA pada posttest menunjukkan bahwa Jigsaw memberikan pengaruh yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran Jigsaw dapat mengubah siswa menjadi aktif dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa. Kedepannya, pembelajaran ini bisa menjadi solusi oleh para guru di seluruh dunia dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya masing-masing.
References
Arends, R. (2008). Learning To Teachbelajar Untuk Mengajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2010), 53-57.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96-102.
National, R. C. (1999). How people learn: Brain, mind, experience, and school. In J.D. Bransford, A. L. Brown, & Cocking (Eds.). Washington, DC: National Academy Press.
Tsay, M. & Brady, M. (2010). A case study of cooperative and communication pedagogy. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 10, 78 – 89.
Mustaqim, B., Riyadi, & Sujadi, I. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Mood Understand Recall Detect Elaborate Review (Murder) pada Materi Pokok Logaritma Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMK se-Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan UNS, (1) 3, 1-6.
Ribut, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6.
Slavin, E. (1990). Cooperative learning: Theory, research and practice. Massachussetts: Simon & Schuster Inc.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





