Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Oki Ribut STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i1.1

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada siswa SMP materi aljabar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pretest-posttest 1, 2, dan 3. Penelitian ini membandingkan Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional yang biasanya menggunakan pembelajaran langsung. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis keefektifan kedua pembelajaran tersebut. Hasil uji ANOVA setiap posttest menunjukkan bahwa Think Pair Share memberikan pengaruh yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Think Pair Share dapat mengubah siswa dan guru menjadi inovatif dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa. Kedepannya, pembelajaran ini bisa menjadi solusi oleh para guru di seluruh dunia dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Key, F. & Grabowski, B. (2007). Gameplaying for math learning: co-operative or not? British Journal of Educational Technology, 38(2), 249-259.

Melvin & Silberman. (2006). Active learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P. & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International results in mathematics. Chesnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College & Amsterdam.

Muslimin, I. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Perss UNESA.

Mustaqim, B., Riyadi, & Sujadi, I. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Mood Understand Recall Detect Elaborate Review (Murder) pada Materi Pokok Logaritma Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMK se-Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan UNS, (1) 3, 1-6.

National, R. C. (1999). How people learn: Brain, mind, experience, and school. In J.D. Bransford, A. L. Brown, & Cocking (Eds.). Washington, DC: National Academy Press.

Slavin, R. E. (1990). Cooperative learning: Theory, research and practice. Massachussetts: Simon & Schuster Inc.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tsay, M. & Brady, M. (2010). A case study of cooperative and communication pedagogy. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 10, 78 – 89.

Downloads

Published

2021-02-23

How to Cite

Ribut, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i1.1