Metode Outdoor Study dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Sampang
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.765Keywords:
Outdoor Study, Keterampilan Menulis, Teks ProsedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Nurul Ikhsan Sampang melalui penerapan metode outdoor study. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam kemandirian belajar, rendahnya minat dan motivasi, serta ketidakpuasan terhadap pembelajaran yang selalu dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan 24 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Rata-rata skor rasa suka siswa terhadap materi meningkat dari 1,91 menjadi 2,70, keinginan untuk belajar dari 1,62 menjadi 2,62, fokus perhatian dari 1,83 menjadi 2,45, dan keaktifan dalam pembelajaran dari 1,75 menjadi 2,66. Penerapan metode outdoor study terbukti efektif dalam meningkatkan minat, motivasi, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk terus menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan minat siswa, serta mempertimbangkan penerapan lebih lanjut dari metode outdoor study untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna.
References
Anggreni, N. K. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Dianto, D. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar IPS Melalui Media Visual Pada Siswa SD. Jurnal Insan Cendekia, 3(2), 49–59. https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v3i2.80
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9
Husamah, H. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). The Annual Research Report. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:189154452
Husni, T. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia, Berbasisteks Dalam Kurikulum 2013. Http://Lpmpaceh.Kemdikbud.Go.Id/. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2066
Jupon, R. M., Anggraeni, L., & Ponidi, P. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Direct Learning pada Siswa Kelas V. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 501–509. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8647
Manungki, I., & Manahung, M. R. (2020). Metode Outdoor Learning dan Minat Belajar. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 1(2), 78–103. https://doi.org/10.54045/educator.v1i2.192
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879
Prakoso, L. (2021). Deskriptif Kualitatif Methode.
Syach, A., Sugandi, D., & Putra, F. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Metode Student Facilitator and Explaining pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1, 155–168. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.191
Vera, A. A. (2012). Metode mengajar anak di luar kelas (outdoor study). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:187713252
Wardani, S. A., & Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Tema 8 Kelas III Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(4), 365–374. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i4.2035
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi Contohnya. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





