Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Prima Rias Wana SDN Kincang 02
  • Marina Gusnia Ruchiyat SD Sukarno Hatta
  • Siti Nurhidayah SDN Widodaren 04

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.698

Keywords:

Ice Breaking, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Secara umum, Siswa sering merasa malas dalam belajar. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi belajar. Motivasi belajar yang rendah dapat ditingkatkan guru melalui pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu caranya yaitu pemberian ice breaking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti hendak mengetahui pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia. Metode penelitian ini berupa systematic literature review menggunakan google scholar untuk mendapat literatur ilmiah. Rentang waktu literatur sejak tahun 2018 hingga 2022 yang berlokasi di sekolah dasar atau setara di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia. Ice breaking bisa meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar, tapi persentasenya berbeda di setiap jenjang kelas dan sekolah. Penelitian selanjutnya dapat mengetahui jenis ice breaking yang pengaruhnya paling besar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia.

References

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.

As’ari, Sarmidin, & Akbar, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Game Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V (Lima) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pangkalan Kecamatan Pucuk Rantau. Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS, 1(1), 1–7.

Fahri, M. U. (2020). Model Pembelajaran Pakem (Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) (Issue November).

Febriandari, E. I., Khakiim, U., & Pratama, N. A. E. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485–494.

Habsah, R., & Muhtarom. (2020). Perbandingan Antara Metode Ice Breaking Dengan Comparasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Di Mi Al-Khairiyah Sinar Baten Talangpadang. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA’, 1(1), 12–17.

Hamdiyah, A. B. (2022). Pengaruh Metode Menyanyi melalui Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–5.

Husna, M. (2018). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungangung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Isnaeni, P. S. (2021). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi di Madrasah Al Barokah Sindanggalih. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 83, 111–119.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 64–70.

Krisna, J. E. (2020). Penerapan Pendekatan PAIKEM (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) pada Pembelajaran Pidato Persuasif: Suatu Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 871–876.

Masripah. (2019). Pengaruh Kegiatan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa MIS Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Institut Agama Islam IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Mawar. (2020). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 22 Murante. Universitas Cokroaminotoro Palopo.

Mayangsari, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD Mardi Putera Surabaya Dengan Menggunakan Pakem (Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 61–68.

Nuryana, & Sunardin. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving terhadap Motivasi Belajar Siswa. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80–86.

Putri, T. A. (2021). Hubungan Penggunaan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di SDN 03 Koto Salak. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Wana, P. R., Ruchiyat, M. G., & Nurhidayah, S. (2024). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 110–124. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.698