Internalisasi Sikap Ilmiah Dalam Perwujudan Nilai Karakter Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar

Authors

  • Prima Rias Wana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Yanti Fauziah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lutfi Wibawa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.620

Keywords:

Internalisasi sikap Ilmiah, , Pendidikan Karakter, Pembelajaran PKn

Abstract

Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik itu dan mewujudkan kebaikkan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Penanaman nilai-nilai karakter dalam pendidikan harus dimulai sejak usia dini. Salah satu cara untuk menunjang keberhasilannya adalah mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, termasuk dalam pembelajaran PKn. Pada hakikatnya pembelajaran PKn memiliki dimensi kognitif, dimensi psikomotor, dan dimensi pengembangan sikap. Sesuai dengan semangat pendidikan karakter saat ini, implementasinya dalam pembelajaran PKn tidak lain adalah pelaksanaan dimensi sikap ilmiah. Jadi, integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PKn dapat diimplementasikan dengan melaksanakan pembelajaran PKn secara utuh, tidak hanya ranah kognitifnya saja, tetapi juga pada pengembangan sikap ilmiah siswa.

References

Balitbang. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbud.

Beker, J.H. (1977). Moral and Civic Education: A Conceptual Introduction. Fifth edition. New York: addison Wesley Logman. Inc

BSNP. 2007. Standar Nasional Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjendikdasmen.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjendikdasmen.

Indriyanto, B. (2011). Pendidikan Karakter Menuju Bangsa Unggul. Majalah Policy Brief, 4(3): 35.

Nasution, s. (1988). Moral Education. Bandung: PPS IKIP Bandung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2006. Jakarta: Citra Umbara.

Pusat Kurikulum. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Puskur Kemendikbud.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta: Citra Umbara.

Sapriya. (2011). Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sunarso, dkk.Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta: UniversitasTerbuka. 2006.

Winataputra, Udin, 2001. Apa dan bagaimana pendidikan kewarganegaraan, makalah lokakarya Civic Education Dosen IAIN/STAIN Se-Indonesia, Sawangan Depok.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Wana, P. R., Fauziah, P. Y., & Wibawa, L. (2023). Internalisasi Sikap Ilmiah Dalam Perwujudan Nilai Karakter Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 469–477. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.620