Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.680Keywords:
Problem based learning, Kemampuan representasi matematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematika siswa SMP IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematika antara siswa yang diterapkan model problem based learning dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 250 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model problem based learning dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan model problem based learning, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematika siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,93 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2, 01 maka thitung > ttabel atau 2,93 > 2, 01, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan representasi matematika antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh 72,81 dan kelas kontrol memperoleh 61,11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematika siswa.
References
Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati, L. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.21009/jrpms.011.02
Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker, H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson, J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer, E., Yepes, V., Giunipero, L. C., Hooker, R. E., Denslow, D., … Anane, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SEMIOTIK MATEMATIS SISWA DI MTS AL-IHSAN PAMULANG. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4. http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%0Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note-sustainable-public-procurement%0Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuideIntegratingSustainability.pd
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika NCTM. In Paradigma Pembelajaran.
Ruzi, F., & Muzakir, U. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Numeracy Journal, 2(1).
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.