Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetic Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar

Authors

  • Asnidar Asnidar
  • Novita Sari Institut Az Zuhra

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.842

Keywords:

Strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching, Kemampuan pemahaman konsep matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  SMA Negeri 1 Kampar TA 2014/2015 sebanyak 818 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dan kelas X IPS4 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu kali melaksanakan pretest, lima pertemuan menerapkan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dan satu kali mengadakan posttest. Untuk  mengetahui  hasil  penelitian  mengenai  pemahaman  konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,33 dan nilai ttabel  adalah 1,999. Oleh karena itu, thitung  >   ttabel  karena 2,33>1,999, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara pemahaman konsep dan siswa kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut juga dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas control yang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar

References

Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mel Silbermen. (2013)Pembelajaran Aktif (101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif). Jakarta: Indeks

Ruzi, F., & Muzakir, U. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Numeracy Journal, 2(1).

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Asnidar, A., & Sari, N. (2024). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetic Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(03), 293–300. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.842