Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetic Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.842Keywords:
Strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching, Kemampuan pemahaman konsep matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kampar TA 2014/2015 sebanyak 818 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dan kelas X IPS4 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu kali melaksanakan pretest, lima pertemuan menerapkan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dan satu kali mengadakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,33 dan nilai ttabel adalah 1,999. Oleh karena itu, thitung > ttabel karena 2,33>1,999, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara pemahaman konsep dan siswa kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut juga dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas control yang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar
References
Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mel Silbermen. (2013)Pembelajaran Aktif (101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif). Jakarta: Indeks
Ruzi, F., & Muzakir, U. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Numeracy Journal, 2(1).
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.