Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Wafa Khairunisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ari Febrian Politeknik STMI Jakarta
  • Dadang Sundawa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahmat Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.675

Keywords:

Keadaban Warga Negara Indonesia, Digitalisasi, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki keterkaitan antara Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam mengembangkan keadaban Warga Negara Indonesia di tengah era digitalisasi. Dengan memanfaatkan metode penelitian kualitatif dan tinjauan literatur, studi ini menyoroti aspek-aspek PKn, kewarganegaraan digital, dan unsur-unsur digital citizenship. Proses pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengevaluasi secara mendalam terhadap teori PKn, kewarganegaraan digital, dan unsur-unsur digital citizenship. Metode analisis data yang diterapkan yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PKn memegang peran penting dalam membentuk kepribadian warga negara yang dapat beradaptasi di era digital. Konsep kewarganegaraan global dan unsur-unsur digital citizenship memberikan dasar yang komprehensif untuk merancang kurikulum PKn yang responsif terhadap tuntutan zaman.

References

Ayu, D., Mursal, M., Jianti, Witro, D., & Nurdiansyah, R. (2022). A Sociological Approach to Consumer Protection in E-Commerce Transactions During the Covid-19 Pandemic. Khazanah Hukum, 4(3), 181–191.

Digdoyo, E. (2018). Kajian isu toleransi beragama, budaya, dan tanggung jawab sosial media. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan) 3, No. 1, 3(1), 42–59.

Febrian, A., & Masyitoh, I. (2019). Strengthening Civic Literacy through Media Literacy in Jabar Saber Hoaks. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 79–83.

Hamadi, F., & Hamidulloh, I. (2020). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 (Pertama). CV. Pilar Nusantara.

Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1).

Marsudi, K. (2020). Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21. UNY Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Alfabeta.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.

Susanto, E., & Budimansyah, D. (2022). Membangun keadaban digital warganet Indonesia dalam perspektif kewarganegaraan digital. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 15–24.

Wahyudi, A., Setiawan, D., & Jamaludin. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Perspektif Moral dan Karakter. CV. AA Rizky.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Khairunisa, W., Febrian, A., Sundawa, D., & Rahmat, R. (2024). Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 1–8. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.675