Penggunaan Media Podcast Berbasis Nilai Kepahlawanan terhadap Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa dalam Mata Pelajaran PKn

Authors

  • Wafa Khairunisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aim Abdulkarim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Iswandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.586

Keywords:

Media Podcast, Nilai Kepahlawanan, Mata Pelajaran PKn

Abstract

Penelitian ini berguna untuk melihat keberhasilan media podcast berbasis nilai kepahlawanan terhadap pembentukan sikap nasionalisme siswa dalam mata pelajaran PKn. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan metode sequential explanatory, di mana penelitian ini diawali oleh penelitian kuantitatif dan ditunjang oleh penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media podcast telah berhasil meningkatkan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran PKn dengan hasil rata-rata perhitungan angket >3, sehingga dikategorikan media podcast ini memiliki respon yang positif terhadap pembentukan sikap nasionalisme.

References

Abdulkarim, A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII (A. Febrian, Ed.). Grafindo Media Pratama.

Fitria, J. & S. (2020). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast Materi Teks Cerita Sejarah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10, 29.

Goldman, T. (2018). The Impact of Podcasts in Education Pop Culture Intersections The Impact of Podcasts in Education. Advanced Writing: Pop Culture Intersections, 4. https://scholarcommons.scu.edu/engl_176

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Jeki, Hery Kresnadi, K. Y. M. (2014). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(5).

Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1).

Laksono, J. B. W. (2013). Kebijakan Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme (pp. 1–181). Universitas Negeri Semarang.

Nihayah, S., & Adi, A. S. (2014). Penanaman Nasionalisme Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro di Tengah Arus Globalisasi. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 829–845.

Nurhadi, A. (2020). Integrasi Penanaman Nilai-Nila Nasionalisme Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Gunungkidul. Pendidikan Bela Negara 30(35).

Octavian, W. A. (2014). PERANAN PENGGUNAAN MEDIA FILM PADA PROSES PEMBELAJARAN PKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 69–76.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.

Syam, H. M. (2015). Kalangan Remaja Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 54–70.

Trisandi, R. A. (2013). Peran Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2012/2013. 180.

Zafi, A. A. (2019). Nilai Nasionalisme Kebangsaan Aktivis Rohis. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.861

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Khairunisa, W., Abdulkarim, A., & Iswandi, D. (2023). Penggunaan Media Podcast Berbasis Nilai Kepahlawanan terhadap Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa dalam Mata Pelajaran PKn. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 372–381. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.586