Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Harbeng Masni Universitas Batanghari Jambi
  • Zuhri Saputra Hutabarat Universitas Batanghari Jambi
  • Lili Andriani Universitas Batanghari Jambi
  • Diliza Afriliani Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.61

Keywords:

Kepemimpian, Motivasi, Kinerja

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survey melalui penyebaran angket kepada seluruh responden yang menjadi sampel. Metode ini digunakan karena dapat menggambarkan kondisi yang ada secara faktual. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meneliti pengaruh langsung variabel bebas terhadap variabel terikat. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri Kabupaten Kerinci, dengan teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji t-test, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kinerja guru adalah 75,33. Hasil uji t-test diperoleh hasil kooefisien thitung > ttabel atau 5,048 > 2,039.

References

Ali, Muhamad. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa.

Arsyad, Arsyad. 2019. “Hubungan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Mengajar.” 5(2): 66–70.

Aworanti, O A, M B Taiwo, and O I Iluobe. 2015. “Validation of Modified Soft Skills Assessment Instrument ( MOSSAI ) for Use in Nigeria.” 3(11): 847–61.

Baharuddin, Fiskia Rera, Andi Muadz Palerangi, Kata Kunci, and Guru Profesional. 2020. “Pinisi : Journal of Teacher Professional Artikel Info Artikel History : Received ; 7-03-2020 Revised : 19-03-2020 Accepted ; 28-04-2020.” 1: 54–66.

Check, J. W., & Schutt, R. K. 2011. Research Methods in Education. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Dewiyani, M J. 2015. “Improving Students Soft Skills Using Thinking Process Profile Based on Personality Types.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 4(3): 118–29.

Giancarlo, Carol Ann, and Peter A. Facione. 2001. “A Look Across Four Years at the Disposition Toward Critical Thinking Among Undergraduate Students.” The Journal of General Education 50(1): 29–55.

Graieg, Lindsay, and Strathalbyn Christian College. 2017. “What It Might Mean to Be a ‘Classroom Ready’ Teacher?” (2002): 16–21.

Hadinata, P. 2009. “Iklim Kelas Dan Motivasi Belajar Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma 3(1): 100652.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Spoettl, Georg, and Vidmantas Tūtlys. 2020. “Education and Training for the Fourth Industrial Revolution.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 26(1): 83–93.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sultanova, L., V. Hordiienko, G. Romanova, and K. Tsytsiura. 2021. “Development of Soft Skills of Teachers of Physics and Mathematics.” Journal of Physics: Conference Series 1840(1).

Uzer, Moh Usman. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uzer Usman. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Masni, H., Hutabarat, Z. S., Andriani, L., & Afriliani, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 226–231. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.61