Konstribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Introvert dan Ekstrovert

Authors

  • Harbeng Masni Universitas Batanghari Jambi
  • Firman Tara Universitas Batanghari Jambi
  • Zuhri Saputra Hutabarat Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.62

Keywords:

Parenting, Introvet dan Ekstrovert

Abstract

Penelitian tentang kepribadian ekstrovert dan introvert menyatakan bahwa banyak penelitian psikologi telah mencapai kesimpulan yang salah karena tidak menghiraukan faktor-faktor kepribadian sebagai contoh penelitian dalam pendidikan membandingkan efektivitas dari pembelajaran aktif (discovery learning) dan pembelajaran tradisional yang bersifat reseptif, yang sering menghasilkan antara perbedaan yang saling bertentangan atau tidak ada perbedaan sama sekali. Pada anak yang dididik oleh orang tuanya dengan pola asuh otoriter cenderung membentuk kepribadian introvert pada anak. Pada anak yang dididik oleh orang tuanya dengan pola asuh permisif cenderung membentuk kepribadian ekstrovert pada anak. Sedangkan Pada anak yang dididik oleh orang tuanya dengan pola asuh demokratis dapat membentuk kepribadian yang seimbang antara kepribadian ekstrovert dan introvert pada anak. Terlepas tipe kepribadian ekstrovert dan introvert tidak akan mempengaruhienilaian dan penerimaan masyarakat terhadap diri seorang anak.

References

Adu-Yeboah, C., & Kwaah, C. Y. (2018). Preparing Teacher Trainees for Field Experience: Lessons From the On-Campus Practical Experience in Colleges of Education in Ghana. SAGE Open, 8(4). https://doi.org/10.1177/2158244018807619

Anwar. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.

Baharuddin, H Wahyuni, E. N. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Certel, Z. (2014). INTERNAL-EXTERNAL LOCUS OF CONTROL OF CANDIDATE STUDENTS WHO PARTICIPATED IN SPECIAL TALENT EXAMINATION IN SCHO .... January.

Dabo, S. A. (2018). Critical Thinking in Entrepreneurship and Youth Attitudes towards Entrepreneurial Skill Acquisition in Plateau State, Nigeria. International Journal of Science and Research, 9(1), 87–94. https://doi.org/10.21275/ART20203836

Dharmayana, I., Masrun, -, Kumara, A., & Wirawan, Y. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Sebagai Mediator Kompetensi Emosi Dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi UGM, 39(1), 76–94.

Dost, I. N., Bohloulzadeh, G., & Hafshejani, N. K. (2017). The Impact of Teachers’ Personality on Senior High School EFL Learners’ General English Achievement. International Journal of English Literature and Social Sciences, 2(3), 77–93. https://doi.org/10.24001/ijels.2.3.9

Dyanisa. (2008). Kecerdasan emosional. In Psikologi Pembelajaran. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadinata, P. (2009). Iklim Kelas Dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 3(1), 100652.

Hastuti, T. A. (2019). Implikasi Profesionalisme Guru untuk Pembelajaran Berorientasi Berfikir Tingkat Tinggi ( HOTS ) dalam. Seminar Nasional Pascasarjana.

Labaree, D. F. (2000). On the nature of teaching and teacher education difficult practices that look easy. Journal of Teacher Education, 51(3), 228–233. https://doi.org/10.1177/0022487100051003011

Lase, D. (2019). Education And Industrial Revolution 4.0. Jurnal Handayani, 10(1), 48–62. https://doi.org/10.24114/jh.v10i1

Mar’at, S. (2010). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosda Karya.

Mirzaee, A., & Rahimi, M. (2017). An Investigation on Relationship between Iranian EFL Teachers ’ Creativity and Classroom Management strategies and Learners ’ Improvement. 5(4), 31–45.

Monks, F.J. Knoers, A. M. P., Haditono, S. R. (1998). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Gajah Mada University Press.

Najah, N. (2016). Anteseden Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang, 147, 11–40.

Neuman, W. (n.d.). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches Seventh Edition. Pearson Education Limited.

Rosdakarya. Neoloka, A. (2014). Metode Penelitian & Statistik. PT Remaja.

Rowe, M. P., Marcus Gillespie, B., Harris, K. R., Koether, S. D., Shannon, L. J. Y., & Rose, L. A. (2015). Redesigning a general education science course to promote critical thinking. CBE Life Sciences Education, 14(3), 1–12. https://doi.org/10.1187/cbe.15-02-0032

Sarwono, S. W. (1998). Teori-Teori Psikologi Sosial. Rajawali Pers.

Saud, M. S., Rameli, M. R. M., Kosnin, A. M., Yahaya, N., Kamin, Y., Zakaria, M. A. Z. M., Mokhtar, M., Abdullah, A. H., Suhairom, N., Kamis, A., Rahman, F. A., Minghat, A. D., Daris, Z. M., Alhassora, N. S. A., & Omar, M. (2018). Readiness in implementing teacher training programmes based on industrial revolution 4.0: Evidence from Malaysian public universities. Journal of Engineering Science and Technology, 13(Special Issue on ICITE 2018), 42–48.

Smith, C., Nerantzi, C., & Middleton, A. (2014). Promoting Creativity in Learning and Teaching. Educational Development in a Changing World - Proceedings of the ICED.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan. Bina Aksara.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 3–6. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649

Uspayanti, R. (2021). Challenges and Teaching Strategies of English Teachers in Industrial Revolution 4.0 Era. Eduvelop, 4(2), 88–98. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v4i2.894

Whitehurst, G. J. “Russ.” (2016). Hard thinking on soft-skills. Brookings Institution, 1, 1–10. http://www.brookings.edu/research/reports/2016/03/24-hard-thinking-soft-skills-whitehurst

Wingkel, W.S. & Hastuti, S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Wollman-Bonilla, J. E., Husbands, C., Pearce, J., Taylor, L. K., Bernhard, J. K., Garg, S., & Cummins, J. (2008). What makes great pedagogy ? Nine claims from research Autumn 2012 Great pedagogy : nine claims from research. Journal of Early Childhood Literacy, 8(3), 167–192. http://ecl.sagepub.com/cgi/doi/10.1177/1468798408096481%5Cn http://ecl.sagepub.com/cgi/content/abstract/1/2/167

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Masni, H., Tara, F., & Hutabarat, Z. S. (2021). Konstribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 239–249. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.62

Most read articles by the same author(s)