Membongkar Kunci Keberhasilan Mahasiswa: Kesiapan Belajar, Interaksi Dengan Teman Sebaya, dan Dukungan Keluarga

Authors

  • Melly Agustin Universitas Negeri Jakarta
  • Christian Wiradendi Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.602

Keywords:

Dukungan keluarga, Kesiapan belajar, Teman sebaya, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kesiapan belajar, interaksi dengan teman sebaya, dan dukungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran online berupa kuesioner. Sample penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sebanyak 204 responden mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Kemudian data diolah menggunakan smart pls 4.0.9.2 menggunakan SEM dengan model regresi linier berganda dan menggunakan Outer Mode. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kesiapan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Mahasiswa yang merasa lebih siap untuk belajar cenderung mencapai hasil yang lebih baik dalam studi mereka. Selain itu, interaksi positif dengan teman sebaya juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung belajar dan berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik. Dukungan keluarga juga terbukti memiliki dampak positif, dengan mahasiswa yang merasa didukung oleh keluarga mereka cenderung meraih prestasi yang lebih baik.

References

Annisa, C., & Putrie, R. (2020). Lembaran Ilmu Kependidikan Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Panca Sakti Bekasi. In Lembaran Ilmu Kependidikan (Vol. 49, Issue 1). Http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Hartono, w., & puspitaningrum, d. A. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas xi-iis sma negeri 1 prajekan semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 6(2), 25–30.

Heland, W. N. (n.d.). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Peran Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi The Effect Of Independence Learning And Neighborhood Peer Toward Student Achievement.

Idamayanti, R. (n.d.). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3.

Kusmaladewi, K., Halim, P., Muin, M., & Asdar, A. (2022). Korelasi Manajemen Waktu, Minat Baca, dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2).

Lestari, A., Ma’wiyah, N., & Ihsan, M. (2020). Kontribusi Dukungan Keluarga dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1). Https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1318

Nugraha, D. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 10(1), 27–34.

Safitri, F. (2016). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Motivation and Family Support on Learning Achievement of D-III Product Level II Students of Ubudiyah Indonesia University. In Journal of Healthcare Technology and Medicine (Vol. 2, Issue 2).

Sudarto, S., Muliadi, M., Firawati, F., & Makassar, U. N. (N.D.). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 13 Biru Watampone.

Sugeng, Fanti, Y., & Azainil. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Samarinda. Primatika, 9(2), 71–80.

Ulfah Kuraesin, S., Kunci, K., Sebaya, T., & Belajar Peserta Didik, P. (n.d.). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.

Zulfa, O. :, Naim, A., Djazari, M., Pengajar, S., Pendidikan, J., Universitas, A., & Yogyakarta, N. (n.d.). The Effect Of Learning Creativity, Student Perception Of Teachers’ Teaching Methods, And Peer Environment Towards Achievement Of Basic Accounting Student In Class X Accounting And Financial Institutions Smk N 1 Pengasih Academic Year 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(1), 127–144.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Agustin, M., Wolor, C. W. ., & Marsofiyati, M. (2023). Membongkar Kunci Keberhasilan Mahasiswa: Kesiapan Belajar, Interaksi Dengan Teman Sebaya, dan Dukungan Keluarga. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 432–442. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.602