Cara Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Untuk Mencetak Generasi Emas

Authors

  • Indah Karisma Dewi Universitas Negeri Jakarta
  • Christian Wiradendi Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.601

Keywords:

Fasilitas belajar, Kedisiplinan, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal berikut: 1) Bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa; 2) Bagaimana pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar mahasiswa; dan 3) Bagaimana pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sebanyak 100 responden mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Analisis data dalam penelitian data menggunakan model regresi linier berganda. Seluruh perhitungan penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS 4 versi 4.0.9.2. Hasil penelitian ini adalah 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, 2) Lingkungan disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dan 3) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

References

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Anggraini, C., & Imaniyati, N. (2018). Fasilitas belajar dan manajemen kelas sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa (Learning facilities and classroom management as a determinant of the student learning achievement). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 66–73.

Azma, H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar: Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 387. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.685

Bungangu, H., Kambey, M., & Sanger, R. (2022). Hubungan Kemandirian dan Fasilitas dengan Prestasi Belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 35–42. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1715

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2).

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Djumati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK Negeri 1 Tidore. Jurnal Pendidikan, 15(2), 198–214.

Fatimah, A., Iswandi, Afrinovera, & Syukurman, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 4 Merangin Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(2), 158–166.

Firdayanti, Y. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak Jalanan. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 13–22.

Hermawan, Y., Suherti, H., & Gumilar, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakt Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi, 8(1), 51–58.

Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1)

Irwani, T. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 3(2), 171–179.

Islamiyah, N. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. URNAL PENDIDIKAN EKONOMI, MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p23-32

Isnaini, M., Wardani, D. K., & Noviani, L. (2016). Pengaruh kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi fkip uns. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2).

Leobisa, J., & Namah, M. G. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3301–3309. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2582

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Malykh, S. (2016). The role of personality traits and intelligence in academic achievement of Russian high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 1304–1309

Moenir, H. A. . (2010). Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqim, I. (2019). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Jornal, 1(1), 63–75.

Rambe, N. M. (2019). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 930–934.

Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar (H. Sa’diyah, Ed.). Malang: Literasi Nusantara.

Samsudin. (2020). Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Woha. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 286–293. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1505

Suroyo, Kurniatun, T. C., & Herningsih, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kedisiplinan Dosen Terhadap Kepuasan dan Prestasi Belajar Taruna Politeknik Pelayaran Sorong. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2183–2201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2471

Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23. Retrieved from https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/serasi/article/view/1176

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555–564.

Wati, F. A., & Isroah, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 112–126. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26516

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Peradapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. JURNAL E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272

Zulfikar, & Rauza. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMA NEGERI 2 BIREUEN Zulfikar. Jurnal Ilmiah Sains, Tekonologi, Ekonomi, Sosial Dan Budaya, 6(5), 49–52.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Dewi, I. K., Wolor, C. W., & Marsofiyati, M. (2023). Cara Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Untuk Mencetak Generasi Emas. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 443–452. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.601