Analisis Permasalahan Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran di Kelas I SD Negeri 15 Kelapa Kampit

Authors

  • M. Iqbal Arrosyad Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Marwani Marwani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Leni Herlinda Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.462

Keywords:

Evaluasi, Permasalahan, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan permasalahan yang terjadi saat melakukan evaluasi serta menemukan solusi dalam permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu melakukan wawancara dengan guru Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di kelas I SD Negeri 15 Kelapa Kampit, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Hasil dari penelitian ini menemukan ada beberapa permasalahan yang terjadi saat melakukan evaluasi, diantaranya; kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, pembelajaran jangka panjang sehingga tidak memungkinkan evaluasi berlangsung, serta guru berhalangan hadir saat akan dilakukan kegiatan evaluasi. Upaya yang ditemukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan guru menjelaskan kembali materi yang diajarkan dan melakukan kegiatan remedial.

References

Arrosyad MI, Nugroho F. Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar. J Basicedu. 2022;6(3):3462-3472. doi:10.31004/basicedu.v6i3.2626

Nazilah, Romadon MIA. Pemeriksaan Efektivitas Pembelajaran Online Via Whatsapp Siswa Kelas 5 SDN 25 Rukam Dalam Pandemi Covid-19. Cendekiawan VOL. 2022;4(2):68-77. doi:10.35438/cendekiawan.v4i2.237

Nugroho F, Iqbal Arrosyad M. Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan. 2020;2(1):49-63. doi:10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Zahratur Rahma SF. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid-19. Yaa Bunayya. 2021;5(1):34-43.

Arrosyad MI, Sugiarti S. The Jejak Kebangkitan SD Muhammadiyah Tertua Dibumi Serumpun Sebalai. Tarbawy J Pendidik Islam. 2020;7(1):33-41. doi:10.32923/tarbawy.v7i1.1176

Arrosyad MI, Ulfa LF, Mersy M, Claudia C, Safitri IE. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah di SD Negeri 5 Mendo Barat. Sustain J Kaji Mutu Pendidik. 2020;3(1):1-7. doi:10.32923/kjmp.v3i1.1149

Lismawati L, Fahmi AK. Analisis Butir Soal Ismuba (Al-Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab) Kelas Iv Sd Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan. J Pendidik Islam. 2019;10(1):43-51. doi:10.22236/jpi.v10i1.3452

Mariyani A, Arrosyad MI, Utomo S, Sumarmi. Pembelajaran Cara Cepat Belajar Matematika Di SDN 01 Dan 05 Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Abdi Masya. 2021;1(2):77-82. doi:10.52561/abma.v1i2.134

ISHAK. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pengurangan Melalui Permainan Bowlingur Di Kelas Satu Sd Negeri 1 Pangkalpinang. Cendekiawan. 2019;1(1):7-12. doi:10.35438/cendekiawan.v1i1.153

Arosyad I, Nugroho F. Bahan Ajar STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Berbasis Pembelajaran Rajak Jauh. Intishar Publishing Bumirejo; 2019.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Arrosyad, M. I., Marwani, M., & Herlinda, L. (2023). Analisis Permasalahan Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran di Kelas I SD Negeri 15 Kelapa Kampit. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 280–284. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.462