Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pengukuran di SD Negeri 43 Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1758Keywords:
Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, AIR, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi pengukuran menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Situasi ini terlihat dari kemampuan siswa yang masih terbatas dalam menyelesaikan permasalahan matematika secara menyeluruh. Adapun penelitian ini memiliki tujuan dalam mengetahui kemampuan pemecahan masalah materi pengukuran di SD Negeri 43 Pangkalpinang dipengaruhi atau tidak oleh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Pendekatan penelitian yang diterapkan berupa pre-eksperimental melalui rancangan desain one-group-pretest-posttest. Seluruh siswa kelas IV SD Negeri 43 Pangkalpinang dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan melibatkan soal essay. Penelitian ini menerapkan uji Shapiro-Wilk dalam analisis data untuk memeriksa kenormalan dan uji Wilcoxon Signed-Rank untuk menguji hipotesis. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada skor dari pretest hingga posttest. Hasil perhitungan uji normalitas pretest 0,011 < 0,05 dan nilai posttest 0,259 > 0,05, maka dapat dikatakan data tidak berdistribusi normal, sehingga selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Uji Wicoxon Signed-Rank Test. Sehingga didapatkan hasil uji hipotesis yang diperoleh 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita materi pengukuran di SD Negeri 43 Pangkalpinang.
References
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 39.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–0.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Maarif, I. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 146–159. Retrieved from www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara
Misnawati, tetti. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 9 Haruai Tahun Pelajaran 2016/2017. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 04(01), 77–85. Retrieved from www.rumahjurnal.net
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 06(02), 149–160.
Saputra, A. D., Novita, W., Safitri, A., Ananda, M. L., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif oleh Jean Piaget terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SD/MI. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 01, 122.
Sihsejati, A. P., & Rini, Z. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intelectually RepetitionBerbantuan Media Cartoons Math terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6, 7054–7063.
Siswanto, R. D., Dadan, Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas XI. Journal On Education, 1(1), 66–74.
Suwarman, R. F., & Candra, A. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6(2), 152–161.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(1), 57–68.
Yuliani. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan Konkrit Melalui Media Bercerita Pada Paud Terpadu Al-Ijtihad Danger. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 1). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





