Dampak Positif Dan Negatif Permainan Lato-Lato Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Fajar Hamdhan Utama STKIP PGRI Bangkalan
  • Haryo Mukti Widodo STKIP PGRI Bangkalan
  • Septyaningrum Putri Purwoto STKIP PGRI Bangkalan
  • Agus Himawan STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.428

Keywords:

Permainan Tradisional, Anak

Abstract

Pada era modern ini permainan tradisional atau permainan lama sangat jarang dimainkan oleh anak sekolah dasar, tetapi pada awal tahun 2023 ini permainan tradisional atau permainan lama mulai bermunculan. Permainan lato-lato ini adalah permainan tradisional atau permainan lama yang menggunakan dua bola yang diikat dengan tali dan cincin untuk mengendalikannya. Permainan lato-lato ini sangat popular saat ini. Namun ketenaran permainan lato-lato ini menuai banyak tanggapan positif dan negatif dari kalangan orang tua dan guru di sekolah. Salah satu dari dampak positifnya yaitu anak sekarang lebih beralih ke permainan lato-lato dari pada gadget. Sedangkan dampak negatifnya yaitu anak menjadi lupa waktu dan lupa tempat saat memainkan permainan lato-lato. Saran dari peneliti yaitu perlunya sosialiasasi dan pendampingan orang tua dan anak terkait permainan lato-lato ini. Karena sebagai orang tua,  kita juga perlu mengawasi apa yang dimainkan anak dan lebih mengatur waktu bermain anak.

References

Arifah Budhyati MZ. 2012. Pengaruh Internet Terhadap Kenakalan Remaja. Yogyakarta: Jurnal Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III.

Ayu Fatmawati, F. (2023). FENOMENA LATO-LATO, BEBAS GADGET TAPI SUARA BIKIN KAGET. Opini UMG. https://umg.ac.id/opini/fenomena-latolato-bebas-gadget-tapi-suara-bikin-kaget

Beaty Jenice J, 2013. Obsevasi Pada Anak Usia Dini (terjemahan). Cetakan ketujuh: Pearson Education INC.

Cohen, David. 1993. The Development of Play. 2nd Edition. Tokyo : Routledge.

Faisal. (2023). Mainan Lato-Lato, Mainan yang Menguji Konsentrasi. Jurnal Media Indonesia. http://www.jurnalmediaindonesia.com/2022/12/kembali-viral-mainan-lato-lato-mainan.html

Hurlock, E. B. 1997. Psikologi Perkembangan. Edisi kelima.Jakarta :Erlangga.

Mulyani, S. (2013). Permainan Tradisional Anak Indonesia. Langensari Publishing.

Mutiah Diana, 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada media group.

Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496

Yulita, Rizki. 2017. Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta: Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Utama, F. H., Widodo, H. M., Purwoto, S. P., & Himawan, A. (2023). Dampak Positif Dan Negatif Permainan Lato-Lato Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 166–170. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.428