Meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan congklak: studi literatur

Authors

  • Benedicta Audrey Putri Trisnadewi Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Ervina Kumalasari Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Elalita Rumondang Tobing Universitas Nasional Karangturi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.688

Keywords:

Permainan tradisional congklak, Aspek-aspek perkembangan, Anak usia dini

Abstract

Permainan tradisional congklak memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial emosional anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk memahami lebih dalam efektivitas bermain congklak dengan aspek-aspek perkembangan, seperti perkembangan kognitif, sosio-emosional, dan motorik halus pada individu. Melalui studi literatur, faktor-faktor yang mempengaruhi psikologi individu dalam konteks permainan congklak telah diidentifikasi. Hasil studi literatur menemukan bahwa permainan congklak efektif meningkatkan perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial-emosional anak. Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional congklak dapat dianggap sebagai alat pembelajaran yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga mendukung perkembangan psikologis anak.

References

Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Javalitera.

Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Cahyani, N. L. A., Kristiantari, R., & Manuaba, I. B. S. (2014). MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK KUMARA JAYA DENPASAR. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3713

Fitriyani, F. N. (2017). Perkembangan Bermain Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 125–140.

Harbiyah, A., Lukmanulhakim, & Marmawi. (2022). Permainan tradisional congklak untuk mengembangkan aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun di Paud Taman Pena. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran KHATULISTIWA, 11(10), 2095–2107. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58787

Juwairiah. (2016). Meuen Galah: Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, I(2), 119–133. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2039/1511

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2012). PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1), 91–105. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Kurnia, F. D., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2023). Permainan Tradisional Congklak Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran KHATULISTIWA, 12(2), 579–586. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i2.62900

Kurnia, R. (2012). Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Educhild, 1(1), 77–86.

Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 97–115.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenamedia Group.

Makarim, F. R. (2023). Penjelasan Periode Golden Age dalam Tumbuh Kembang Anak. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/penjelasan-periode-golden-age-dalam-tumbuh-kembang-anak

Mandas, A. L., M Lausan, M. L., & Dampi, S. V. (2021). Hambatan Perkembangan pada Anak TK. Humanlight Journal of Psychology Desember, 2(2), 41–59. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Nora. (2021). Congklak: Permainan Tradisional yang Hilang. Koran Sulindo. https://koransulindo.com/congklak-permainan-tradisional-yang-hilang/

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1146

Nurjani, Y. Y., & Sopianti, S. (2022). Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 1(1), 195–201.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, 372, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Reza, R. A. F. (2023). Mengembalikan Minat Permainan Tradisional di Tengah Menariknya Permainan Modern. Good News from Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/11/05/mengembalikan-minat-permainan-tradisional-di-tengah-menariknya-permainan-modern

Rukmini. (2022). The Effect of Traditional Games (Congklak) on Cognitive and Fine Motor Development in Children Under Five. Journal of Maternal and Child Health, 7(1), 44–51. https://doi.org/10.26911/thejmch.2022.07.01.05

Sugiyanti, Buchori, A., & Sulianto, J. (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional Congklak Di Kelompok B Tk Al Ikhlas 01 Sambong Batang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(2), 266–276.

Suryaputri, I. Y., Rosha, B. C., & Anggraeni, D. (2015). DETERMINAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK BERUSIA 2-5 TAHUN: STUDI KASUS DI KELURAHAN KEBON KALAPA BOGOR. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 37(1 SE-Articles), 43–50. https://doi.org/10.22435/pgm.v37i1.4007.43-50

Susilawati, E., Puspitasari, D., Kusumadewi, F., & Nuryanih, L. (2021). Modifikasi Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Tahun 2020. Jurnal Mutiara Ners, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i1.1297

Umayah, & Khotimah, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Congklak Pada Kelompok a. PAUD Teratai, 4(2), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11390

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Trisnadewi, B. A. P., Kumalasari, E., & Tobing, E. R. (2024). Meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan congklak: studi literatur. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 48–57. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.688