Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Ngawi

Authors

  • Alfinatul Lutfiah STKIP Modern Ngawi
  • Qurrotul Anfa STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.334

Keywords:

Penilaian Autentik, Implementasi Kurikulum, Kurikulum K13, Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi penilaian autentik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di  SMPN 1 Ngawi. Metode yang digunakan berupa wawancara dan observasi dengan subjek penelitian guru mata pelajaran IPA. Adapun hasil penelitian mencakup 3 ranah, Penilaian autentik yang diterapkan di SMP guru masih mendapatkan kesulitan dalam melakukan penilaian, khususnya pada ranah afektif (sikap) sehingga guru harus mencari alternatif lain yang dapat mempermudah penilaian yang dilakukan oleh guru. Keterlaksanaan penilaian autentik yang dilakukan di SMP N 1 Ngawi sudah cukup berjalan dengan baik dan kedepannya dapat terlaksana lebih baik lagi sehingga tidak ada kendala untuk keterlaksanaan penilaian autentik.

References

Ani, Yubali. (2019). Penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Seminar nasional implementasi Kurikulum 2013. https://www. researchgate. net/publication/328857694_ Penilaian_Autentik_ dalam_Kurikulum_ 2013 . Diakses pada tanggal 1 Desember 2022.

Bakti, A. S., Kusairi, S., & Muhardjito. (2014). Pengembangan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013. Jurnal Forum Penelitian, 1(1), 1–12.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 standar kompetensi sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiyah: pedomam khusus mata pelajaran sains. Jakarta: Dharma Bhakti.

Insyafan, Laela.(2017). Penilaian autentik pada pembelajaran ipa kelas viii smp negeri 1 kudus tahun ajaran 2016/2017.Skripsi. Semarang: UNNES.

Kusmijati, N. (2014). Penerapan penilaian autentik sebagai upaya memotivasi belajar peserta didik. Prosiding seminar nasional hasil-hasil penelitian dan pengabdian LPPM UMP 2014, 55–62.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. “Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013.”. Jakarta: Rajagrafindo.

Natalia, D. (2019). Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 4 SDN 124. Skripsi. Bengkulu: IAIN Curup.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Lutfiah, A., & Anfa, Q. (2023). Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Ngawi. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 152–157. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.334