Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Kelas VII

Authors

  • Alfinatul Lutfiah STKIP Modern Ngawi
  • Desi Nuzul Agnafia STKIP Modern Ngawi
  • Qurrotul Anfa STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.847

Keywords:

Problem Based Learning, Video Animasi, Berpikir kritis, Ekosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Hikmah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test Control Group Design, yang melibatkan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling di MTs Mamba’ul Hikmah. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol, dengan total sampel sebanyak 46 siswa dari populasi 69 siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Hikmah. Data dikumpulkan menggunakan tes yang terdiri dari 10 soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor Pre-test kelas eksperimen adalah 81,86, sementara kelas kontrol memperoleh rata-rata 77,33. Berdasarkan uji t, nilai t hitung untuk kelas eksperimen adalah 3,728, yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,680. Sementara itu, t hitung untuk kelas kontrol adalah 3,632, yang juga lebih besar dari t tabel sebesar 1,680. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung video animasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Agnafia, Desi Nuzul. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi, florea. 6(1).

Amin, Dkk (2020) Effect of problem-based learning on critical thinking skill and environmentalattitude.8(2).

Anfa, Q. Agnafia, D. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa S1 biologi melalui modul inkuiri gratis berbasis studi kasus. Jurnal Biologi Inovasi Pendidikan, 5(3)

Arends,Richard L.1997.Clasroom Intruction And Management. IJSA : The Mc. Graw- Hill Companies.

Eggen, P. & Kauchack, D. (2012) Strategies For Teachers: Teaching Content And Thinking Skills. Boston: Pearson Education.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta, Indonesia: Indeks.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions (pp. 1–8).

Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critikal Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Hosnul Khotimah, dkk.,” Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII” dalam jurnal JurusanBiologi-Fakultas MIPA UM.

Ibrahim et al (2019) . Hakikat pembelajaran sains dalam inovasi kurikulum karakter. Banda Aceh. Sefa Bumi Persada. 2019. 124.

Indah, D. R. (2019). Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas IVA Pada Mata Pelajaran Matematika SDN 77 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Jannah, Mayasari. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTsdi Kecamatan Paringin Selatan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati. 5(1). 16 – 20.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P . J (2020). Pengaruh Moel pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102 – 109American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P . J (2020). Pengaruh Moel pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102 – 109.

Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013.Implementasi.

Kuan-nien, C., Lin, P.-c., & Chang, S.-S. (2011). Integrating Library Instruction Into a Problem Based Learning Curriculum. Aslib Proceedings.

Kurikulum Kurikulum, Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving.Jember.

Musa’ad, Suparman. 2023. Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. Jurnal Program Studi Pendidikan. 12.

Muttaqin, Hassanul,. Sarjan., Rohmat, Joni (2022). Pemahaman Nature of Science (Hakekat IPA) Bagi Guru IPA: Solusi Membelajarkan IPA Multidimensi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8 (21), 8-15.

Nurhidayat, Wahyu, Nana, (2021). Model pembelajaran Problem Based Learning (pbl): kajian literature.

Prandifa Dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMP. JurnaL Pendidikan Tambusai, 7(1), 407 – 417.

Purwati Ratna.2016. Analisis Kemampuan berpikir kritis Siswa Dalam Salemba Empat.

Raidil Dkk. (2023). Pengaruh Model Team Assisted IndividulizationdanSelf Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(3), 1747-1753.

Rizky, Ihwan.(2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran (Video) Pada Materi Minyak Bumi (Skripsi Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksar.

Wahyuni, Sri;Anugraheni, I. (2020). Pengruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Yuniza, Vindiasari, (2023). Problem Based Learning, Ubah Masalah Jadi Kesempatan Upgrade Skill.

Yustiqvar, M., Ramdani, A., &Gunawan, G., Purwoko, A. (2019). Pembelajaran Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education.

Zahrotin A, Dkk (2021) Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMP kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal JPIK .1(2).

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Lutfiah, A., Agnafia, D. N., & Anfa, Q. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Kelas VII. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(03), 274–282. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.847