Analisis Kepraktisan Media Video Komik Animasi Berbasis Literasi Berbahasa Siswa SD

Authors

  • Denna Delawanti Chrisyarani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dwi Agus Setiawan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Theresa Christina Yoel Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.317

Keywords:

Bahasa Indonesia, komik animasi, literasi digital, media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan media komik animasi berbasis literasi digital. Melalui komik animasi berbasis literasi digital, diharapkan dapat membantu siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar lebih bermakna sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun prosedur pengembangan media, yaitu: (1) studi awal dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama (7) merevisi produk hasil uji lapangan utama, (8) uji pelaksanaan lapangan atau dalam penelitian ini adalah uji coba lapangan/kelas, (9) revisi produk akhir. Tahap penelitian ini hanya mendeskripsikan hasil uji kepraktisan dari siswa dan guru. Instrumen yang digunakan adalah angket. Media video berbasis komik animasi dan literasi berbahasa ini dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian kepraktisan oleh guru kelas dan siswa kelas IV SDN 1 Sukodadi Wagir. Hal ini dikarenakan guru dan siswa menilai bahwa media mudah digunakan, tampilan media menarik, bahasa dan konsep materi mudah dipahami oleh siswa. Melalui media ini siswa akan dilatih belajar secara mandiri.

References

Akbar, S., Sriwiyana, H. (2012). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Cipta Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ). 7(1), 52–66.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Trian, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. 10(1), 49–56.

Barid Nizarudin Wajdi, M., Halim, P., Badruddin, S., Abdullah, H. A., Ikhsan Setiawan, M., Novita Sari, I., Puji Nali Brata, D., & Simarmata, J. (2018). Advancement of E-Book Through Automation System in Department of Islamic Education (STAI) Miftahul Ula Nganjuk. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), 438–440. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.6.17489

Borg & Gall. (1983). No TitleEducational Research: An Introduction. Longman Inc.

Fatikh. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. http://ejournal.kopertais4.or.id

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (n.d.). GERAKAN LITERASI SEKOLAH : IMPLEMENTASI TAHAP PEMBIASAAN DAN PENGEMBANGAN LITERASI. 1(2), 29–34.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.

Ilmi, N., Wulan, N. S., Wahyudin, D., & Indonesia, U. P. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2866–2873.

Indriyani, V., Zaim, M., & Ramadhan, S. (2019). LITERASI BACA TULIS DAN INOVASI KURIKULUM BAHASA. 5(1), 108–118.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Mamolo, L. A. (2019). Development of digital interactive math comics (DIMaC) for senior high school students in general mathematics. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1689639

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.

Mudiono, A., Akbar, S., Dwi Yasa, A., & Delawanti Chrisyarani, D. (2017). Developing Multiple Intelligences-Based Thematic Comic Module. Pancaran Pendidikan, 6(4), 115–124. https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i4.111

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. 07(01), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231

Sasmita, R. S. (2020). Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. 2.

Sesanti, A. G. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS KOMIK ANIMASI TRADISI BERFIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPS KELAS V. 2012–2014.

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (n.d.). Developing animated video media to improve the learning motivation and responsibility character of the fifth grade. 1–16.

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Chrisyarani, D. D., Setiawan, D. A., & Yoel, T. C. (2022). Analisis Kepraktisan Media Video Komik Animasi Berbasis Literasi Berbahasa Siswa SD. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 571–579. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.317