Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Ala Kampung Inggris Pare

Authors

  • Yayah Robiatul Adawiyah Universitas Nurul Jadid
  • Mamluatun Naimah Universitas Nurul Jadid
  • Jamilatus Zuhriyah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.311

Keywords:

Ice breaking, Bahasa Arab, Maharah al-kalam

Abstract

Ice breaking adalah kegiatan yang diterapkan oleh setiap orang untuk menarik fokus perhatian serta mencairkan suasana di dalam ruangan dari keadaan yang semula kurang bahkan tidak bersemangat menjadi bersemangat (kembali kondusif). Adapun bentuk Ice breaking di lembaga kursus Bahasa arab Pare ini berbentuk Game (permainan Bahasa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bentuk Ice Breaking pembelajaran Bahasa Arab di kampung Inggris Pare untuk maharah al-kalam, serta asumsi dasar yang melandasi pemilihan strategi  tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. kemudian Analisis data menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah ada sekitar 9 game bahasa arab yang di terapkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik yang mana game tersebut penggunaanya disesuaikan dengan materi yang dibahas dan keadaan peserta.

References

Ahmad, R. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah, 81-95.

Akbar, A. (2022, Juli rabu, 6 juli). Ice Breaking adalah: jenis-jenis dan perlunya kegiatan Ice Breaking. Diambil kembali dari Portal Ilmu Pengetahuan: https://adalah.co.id/ice-breaking/

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al-'arabiyah, 75-85.

Bisri, M., & Hamid, A. (2011). Metode dan strategi pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Gamal, T. (2022, april 1). Metode Penelitian kualitatif: Pengertian, karakteristik dan jenis. Diambil kembali dari serupa.id: https://serupa.id/metode-penelitian-kualitatif/

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

khalilullah, s. (2011). strategi pembelajaran Bahasa Arab aktif (Kemahiran Istima' dan Takallum). Jurnal Sosial Budaya, 219-235.

Lexy J. Moleong, D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

M, k. s. (2011). strategi pembelajaran Bahasa Arab aktif (Kemahiran Istima' dan Takallum). Jurnal Sosial Budaya, 219-235.

Maisah, S. (2019). Implementasi Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi non Arab. El-ibtikar, 93-118.

Muna, w. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: sukses offset.

Prasisca, A., & Putra, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran arias Berbantuan Ice Breaking Games Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. 325-335.

Rosliana. (2020). Pengaruh Teknik Ice Breaking dalam Bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar Mahasiswa. JURKAM, 170-177.

Rosmalah, Y., & Desi, N. P. (2020). Penerapan Ice Breaker dan pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Tema 8 peserta didik kelas IV SDN 15 Salolo kota Palopo. CJPE (Cokroaminoto Journal of Primary Education), 128-132.

Satriani, N., Pudjawan, K., & Suarjana, I. (2018, Agustus). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Selingan Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiyah Sekolah Dasar, 312-320.

Sulton, F., Maria, a. q., & Rofiatul, M. (2019). Teknik-teknik unik dalam pembelajaran Bahasa Arab. Paiton, Probolinggo : Pustaka Nurja.

sunarto. (2012). Ice Breaking dalam Pembelajaran aktif. Surakarta: Cakrawala Media.

Syamsudin, A. (1981). Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Adawiyah, Y. R., Naimah, M., & Zuhriyah, J. . (2022). Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Ala Kampung Inggris Pare. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 536–545. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.311