Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar

Authors

  • Desy Wahyuningsari Universitas PGRI Wiranegara
  • Yuniar Mujiwati Universitas PGRI Wiranegara
  • Lailatul Hilmiyah Universitas PGRI Wiranegara
  • Febianti Kusumawardani Universitas PGRI Wiranegara
  • Intan Permata Sari Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Keywords:

Pembelajaran berdifrensiasi, Kurikulum, Merdeka belajar

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan guru untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Diferensiasi adalah proses belajar mengajar di mana siswa mempelajari materi pelajaran berdasarkan kemampuannya, apa yang mereka sukai, dan kebutuhan individu mereka sehingga mereka tidak frustrasi dan merasa gagal selama proses pembelajaran. Guru harus mengatur bahan pelajaran, kegiatan, tugas sehari-hari yang diselesaikan di kelas dan di rumah, dan penilaian akhir berdasarkan kesiapan siswa untuk mempelajari materi pelajaran, minat atau hal apa yang disukai siswa dalam belajar, dan cara menyampaikan pelajaran yang sesuai dengan profil belajar siswa yang diajarnya. Ada empat aspek pembelajaran berdiferensiasi yang berada di bawah kendali guru: konten, proses, produk, dan lingkungan atau iklim pembelajaran di kelas. Guru dapat memutuskan bagaimana keempat elemen ini akan dimasukkan ke dalam pembelajaran di dalam kelas Guru memiliki kemampuan dan kesempatan untuk mengubah lingkungan dan iklim belajar, serta konten, proses, dan produk setiap kelas berdasarkan profil siswa saat ini dalam perjalanannya.

References

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Haryanto (2020), Evaluasi Pembelajaran: Konsep dan Manajemen. UNY Press.

Tomlinson, Carol A & Mc.Tighe, J. (2006). Integrating differentiated instruction and understanding by design: connecting content and kids. Alexandria, VA: ASCD.

Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. VA: ASCD.

Tomlinson, Carol A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. VA: ASCD.

Tucker, Catlin. 2011. Differentiated Instruction: What Is It? Why Is It Important? How Can Technology help? Diakses dari https://catlintucker.com/2011/01/differentiated-instruction-whatis-it-why-is-it-important-how-can-technology-help/ pada 30 April 2021.American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Shihab, Najelaa dan Komunitas Guru Belajar. (2016). Diferensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. Lentera Hati: Jakarta.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Most read articles by the same author(s)