Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Materi Bangun Datar Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.210Keywords:
Kemampuan pemahaman matematis, Segitiga dan segiempatAbstract
penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan medote deskriptif. Sampel dalam penelitian berjumlah 23 orang siswa. Penelitian dimulai dengan memberikan tes tertulis kepada siswa berjumlah 4 soal. Kemudian hasil jawaban yang siswa berikan dianalisis untuk melihat ketercapaian kemampuan pemahaman matematis siswa. indikator yang digunakan terdiri dari 2 yaitu: menyatakan ulang sebuah konsep matematis dan mengklasifikasikan objek-objek dari dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut. Adapun hasil penilaian tes tertulis siswa mendapat nilai rata-rata keseluruhan 59. Dengan nilai nomor 1 mendapat nilai rata-rata 78, soal nomor 2 mendapat nilai rata-rata 60, soal nomor 3 mendapat nilai rata-rata 37 pada dan soal nomor 4 mendapat nilai rata-rata 54. Dari nilai tersebut didapat kemampuan pemahaman matematis siswa tergolong sedang atau cukup baik. Pada indikator kedua kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah dengan sebagian siswa memiliki nilai rendah. Sedangkan indikator pertama sudah baik, hampir seluruh siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.
References
Amelia, D. D., Sari, D. I., & S, N. A. (2022). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Jurnal SIGMA, 7, 165–178.
Alan, U. F. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 13.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS. Bandung: PT Reflika Aditama.
Mulyani, A., Indah, E. kurnia nur, & Satria, angga permana. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Musharafa, 7, 251–262.
Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477
Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Numeracy, 5(April).
Purwosusilo, P. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 209674.
Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 157. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i2.P157-170
Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 09(April), 39–45.
Suherman, S. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.
Syafri, F. S. (2019). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





