Tinjauan Teoritis Tentang Pemanfaatan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1894Keywords:
Media audiovisual, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media audiovisual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kajian dilakukan dengan metode library research melalui analisis terhadap berbagai sumber literatur dan hasil penelitian dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa media audiovisual memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan media ini memungkinkan guru menjelaskan konsep-konsep keagamaan yang bersifat abstrak seperti akidah, akhlak, dan sejarah Islam secara lebih konkret dan menarik. Selain meningkatkan pemahaman kognitif, media audiovisual juga membantu pembentukan karakter dan penghayatan nilai-nilai spiritual peserta didik melalui tayangan yang menggugah aspek emosional. Namun, efektivitas penerapannya bergantung pada kesiapan guru, ketersediaan sarana, dan relevansi konten dengan nilai-nilai Islam. Diperlukan peningkatan kompetensi digital guru serta dukungan kelembagaan dalam penyediaan fasilitas dan pelatihan. Dengan demikian, media audiovisual dapat menjadi strategi pembelajaran inovatif yang interaktif, kontekstual, dan berorientasi pada penguatan iman serta akhlak peserta didik.
References
Ahmad Catur Susilo, & Triono Ali Mustofa. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1797–1808. https://doi.org/10.58230/27454312.608
Cahyadi, A. (2024). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berajah Journal, 4(2), 451–460.
Caswita. (2019). Pemanfaatan Media Audiovisual untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal TEKNODIK, 23(2), 149–162.
Djayadin, C., & Nurhikmah. (2025). Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Audiovisual Berbasis Pembelajaran Kontekstual pada Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 8(1), 57–70. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v8i1.3925
Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students ’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28.
Kuswanto, E. dan R. (2022). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN PAI. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(2), 160–169.
Lubis, T. C., & Mavianti. (2022). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak 1 Tari Cantika Lubis. Jurnal Raudhah, 10(2), 45–53. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Nadiah, N., Fauzi, I., & Himmah, F. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Muhajirin Purwakarta. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 16–31. https://jptpd.uinkhas.ac.id/index.php/jptpd/article/view/1
Nadlir, Nurkhasanah, M., & Rochmahtika, A. S. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Peran Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 116–124.
Nur Aida, L. et al. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468
Rahayu, P., Marmoah, S., & Budiharto, T. (2024). Analisis penerapan prinsip Mayer pada multimedia digital dalam pembelajaran matematika di kelas iv sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(5), 353–363.
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890
Ritonga, M., Andari, T. A., Rahmi, A., Hasibuan, L. A., Pane, M. S., Al, U., Labuhanbatu, W., & Com, M. (2023). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 6(1), 100–107.
Rohmani, A. H., & Febriana, E. V. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs DARUSSALAM KUMALASA. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 7(1), 136–163.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. 3(5), 1910–1917.
Sihombing, Y. Y. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring pada Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 187. https://doi.org/10.29210/30031124000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





