Optimalisasi Layanan Kunjungan Rumah dalam Membantu Mengatasi Masalah Siswa Kelas X di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMK Negeri 1 Kandangan Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.189Keywords:
Optimalisasi, Layanan Kunjungan Rumah, Pandemi Covid - 19Abstract
Mengatasi siswa yang pasif dan tidak bisa mengikuti pembelajaran jarak ini, perlu dilakukan upaya penanganan. Hal ini juga terjadi di SMK Negeri 1 Kandangan, banyak kendala dan permasalahan yang ditemukan di sekolah terkait pelaksanaan proses belajar mengajar dimasa Pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dengan melaksanakan layanan kunjungan rumah dalam mengatasi masalah siswa yang tidak aktif mengikuti pembelajaran jarak jauh secara online dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dengan melaksanakan layanan kunjungan rumah dapat meningkatkan dukungan dan perhatian orang tua/wali murid di rumah terkait pembelajaran jarak jauh secara online..Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek eksplorasi adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kandangan. Informasi penelitian diperoleh melalui dokumentasi, pertemuan dan persepsi awal. Hasil survei dari Pra Siklus, Siklus I ke Siklus II. Penelitian ini diharapkan memperoleh gambaran tentang Layanan home visit atau kunjungan rumah adalah salah satu Teknik pengumpulan data siswa (klien) yang dilakukan oleh konselor dengan cara mengunjungi tempat tinggal klien. Kunjungan ini berutujuan untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang permasalahan klien. Data yang diperoleh dari home visit digunakan oleh guru BK untuk mengentaskan permasalahan siswa, terutama terkait dengan pembelajaran jarak jauh yang tidak bisa diikuti oleh siswa tersebut.
References
Ahmadi, Abu. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Prayitno, & Amti. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Jakarta: PT Renika Cipta.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanti, R. D. (2014). Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam: Telaah atas Pemikiran Muhammad ‘Athiyah Al-Abrosyi. Vol. 2 No. 1, 167-181.
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.
Winkel, W.S. (1993). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





