Implementasi Media Toserbaku Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bilangan Cacah Kelas III SDN Tanjung Jati 2

Authors

  • Melinda Ayu Puspitasari Universitas Trunojoyo Madura
  • Devina Oviana Dwi Agustin Universitas Trunojoyo Madura
  • Ana Naimatul Jannah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nurhalima Nurhalima SDN Tanjung Jati 2

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1889

Keywords:

Media Pembelajaran, Bilangan Cacah, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III di SDN Tanjung Jati 2 tentang konsep bilangan bulat hingga 10.000. Fokus utama penelitian adalah mengembangkan keterampilan membaca, menulis, mengurutkan, dan membandingkan bilangan cacah tersebut dalam pelajaran matematika. Salah satu tujuan penting adalah meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, sehingga dapat mengurangi kejenuhan dan persepsi bahwa materi tersebut sulit. Untuk mencapai hal ini, penelitian menggunakan media "Toserbaku" sebagai alat pembelajaran. Metode yang dipilih adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang membantu menggambarkan bagaimana media diterapkan dan pengaruhnya terhadap pemahaman, interaksi, serta pengalaman belajar siswa secara keseluruhan terkait angka-angka besar. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN Tanjung Jati 2, melibatkan semua 15 siswa kelas III, meskipun selama pengumpulan data, 5 siswa tidak hadir. Guru juga dilibatkan untuk memberikan wawasan tentang proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media "Toserbaku" efektif meningkatkan pembelajaran matematika dengan menciptakan suasana kelas yang lebih menarik dan menyenangkan.

References

Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.301

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Kero, M. A., & Wewe, M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Secara Kontekstual untuk. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 137–147.

Makkawaru Maspa. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116.

Marnawati, M., Munirah, M., & ... (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik …. Jurnal Ilmiah …, 179–189. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi/article/view/35758/16812

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Nuruddin, D. (2025). PENA MERDEKA : Journal of Education. PENA MERDEKA : Journal of Education, 1(Vol. 1 No. 2 (2025): Agustus), 52–68.

Prihartini, E., Yuniar, E., Ma’rifah, L., Marliana, Y., & Murjainah. (2025). Pengembagan Media Supermarket Materi Bilangan Cacah Pada Pembelajaran Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1664

Shoimah, R. N., & Mustika Syafi’aturrosyidah. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif NU Sukodadi -Lamongan. Jurnal Mida: Jurnal Pendidikan, 3, 1–18.

Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 10.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Wardanu, A. A., Ardiningtyas, N., Rahmadhani, E. P., & Hadi, F. R. (2025). Inovasi Pembelajaran Matematika Melalui Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah kelas V SD. MIKHAYLA : Journal of Advanced Research, 2(1), 89–95. https://doi.org/10.61579/mikhayla.v2i1.341

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Puspitasari, M. A., Agustin, D. O. D., Jannah, A. N., & Nurhalima, N. (2025). Implementasi Media Toserbaku Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bilangan Cacah Kelas III SDN Tanjung Jati 2. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 875–882. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1889

Most read articles by the same author(s)