Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas I di UPTD SDN Tanjung Jati 2
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1880Keywords:
Kesulitan membaca, Faktor Internal dan Eksternal, Media Cerita DongengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas I di UPTD SDN Tanjung Jati 2 serta upaya guru dalam mengatasinya. Latar belakang penelitian ini berawal dari temuan bahwa banyak siswa kelas I yang belum lancar membaca, belum mengenal huruf, sering tertukar dalam membedakan huruf, dan kesulitan menyusun suku kata menjadi kata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes membaca, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan 21 siswa kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 siswa yang belum membaca lancar dengan kesulitan berbeda-beda, seperti belum mengenal huruf abjad, sering lupa huruf, serta kesulitan mengeja dan membaca suku kata. Faktor penyebab utama berasal dari siswa yang kurang fokus dan lebih suka bermain, kurangnya dukungan dari orang tua, serta metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Upaya guru dalam mengatasi masalah tersebut dilakukan melalui pendekatan individual, penggunaan media cerita dongeng, serta pemberian les tambahan bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca. Melalui kegiatan ini, siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam meningkatkan kemampuan membacanya.
References
Agustina, E., & Rachmania, S. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 3.
https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i1.1558
Akda, H. F., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1125. https://journal.umtas.ac.id/naturalistic/article/view/1437/780
Amanda, Q., Sudarti, S., & Maulina, I. (2025). Analisis Hambatan dalam Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al-Mukaddimah Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewarganegaraan, 2(1), 46-48. https://doi.org/10.61132/paud.v2i1.149
Ani & Fitria, E. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/ceria/article/view/1763/1104
Ariyani, D. P., Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas 1 SD 2 Kaliwungu. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 363–365.
https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1337
Arnisyah, S., Syafutri, H. D., & Lastaria. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 64.
https://journal.umpr.ac.id/index.php/tunas/article/view/4491/2891
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 283.
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Janawati, D. P. A., Darmayanti, N. W. S., & Sustiani, N. W. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 30–31.
https://jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/rarepustaka/article/view/110/107
Latifah, A. N., Julianty, A. A., Wulandari, S., & Rostika, D. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam 04. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 63–64.
https://journal.almaarif.ac.id/index.php/tadzkirah/article/view/210/147
Lestari, L., & Ramadan, Z. H. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 113-114.
https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1553/750
Manurung, A. F., Asrin., & Jiwandono, I. S. (2022). Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menciptakan Budaya Literasi Pada Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas V SDN 11 Sumbawa Besar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1515–1516.
https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.803
Musoffa, H., Yohamintin., & Amelia, D. (2025). Analisis Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 di SDN Bahagia 03. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 454.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/30151/15389
Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 241–243.
https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.904
Nasution, A. F., Amelia, A., Parlindungan, S., & Zuchairunnisa, Z. (2024). Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 2(2), 8-9. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.719
Ningsih, L., Kasiari, N., Maharany, S., & Prasetiya, B. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Agama Islam melalui Metode Media Audio Visual pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Gajugan Kabupaten Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 3(2), 71–72. https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i2.400
Nuraini, E., Oktrifianty, E., & Fathurrohmah, Y. (2021). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Poris Pelawad 2. YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 1(1), 91. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.17
Prayogo, J. F. A., & Citrawati, T. (2023). Analisis Bentuk Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2513–2515.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6021
Sumita., Murniviyanti, L., & Pratama, A. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 17 Parittiga. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 1006–1008.
https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.213
Syahrani, J. F., & Basuki, D. D. (2023). Peran dan Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa SD Kelas Rendah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 202–213. https://doi.org/10.59246/al ihris.v2i2.719
Yanti, R., Fajria, S., Sahputra, W. M., & Sabaryati, J. (2025). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Siswa Di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Pejeruk. Primary Education Journal (PEJ), 9(1), 14. https://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/174/116
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





