Pelatihan dan Pendampingan Mengaplikasikan TIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengajar Melalui Supervisi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.185Keywords:
Supervisi akademik, TIK, Kompetensi mengajarAbstract
Peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik rutin dilakukan kepala sekolah, namun masih dianggap menghakimi para guru. Oleh sebab itu supervisi dilakukan dengan teknik pelatihan dan pendampingan, agar guru lebih nyaman dan terbantu dalam meningkatkan kompetensi mengajar menggunakan media tekhnologi komunikasi informasi. Metode yang diaplikasikan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) terhadap 13 guru mata pelajaran di SMP Negeri 3 Cibarusah. Hasil setelah tindakan menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK melalui Supervisi Akademik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Siklus 1 mencapai nilai 72,23, berada pada katagori baik, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 82,08, berada pada katagori sangat baik, (2) aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus kedua lebih baik dibandingkan pada siklus satu. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru pada siklus satu mencapai nilai 77,00 tergolong cukup, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 80,38 tergolong baik. Secara umum dari siklus I ke siklus II menunjukan adanya peningkatan kompetensi mengajar menggunakan TIK sesuai dengan RPP sebesar 13,63 %.
References
Ajasan, Usman, N., & Niswanto. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), 1–9. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/4795/4144
Aleksa, T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik melalui In hOuse Training di SDK Diller. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 612. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1517
Aminah. (2020). Peningkatan Kompetensi ICT Guru dalam Proses Belajar Mengajar melalui Supervisi Kepala Sekolah. Metaedukasi, 2(2), 46–56.
Bandera, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i1.268
Fadilah, N. (2019). Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 2(02), 66–78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546
Fauzi, F. (2020). EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Peningkatan Profesional Guru. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109–128.
Herosita, Y. (2017). Implementasi Model Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru Mengajar. Jurnal Daya Saing, 3(1), 57–61. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v3i1.82
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132.
Saiful Bahri. (2014). Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena, 5(1), 100–112. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/236/204
Simanjuntak, D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Penabur, No.21/Tahu(77–78), 1–8. http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal. 78-87 Peranan Teknologi Informasi.pdf
Sriyanto, S., Murniawaty, I., Nuryana, I., & Ismiyati, I. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 357. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.3413
Suhardjono, S., Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Uzer, U. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar.
Zam, E. M. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.