Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.181Keywords:
Modul Fisika, Kearifan Lokal, Suhu dan KalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Pratama Batangase Kabupaten Maros pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) perbaikan produk; (6) uji coba lapangan (skala kecil). Instrmen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar angket validasi, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hail penelitian menujukkan bahwa hasil validasi moduloleh 2 orang validator dengan rata-rata persentase 86% dengan kategori valid. Nilai N-Gain terhadap hasil belajar siswa diperoleh 0,74 dengan kategori tinggi dan data respon siswa diperoleh nilai rata –rata84% dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modulfisika berbasis kearifan lokal yang dikembangkan valid sehingga dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
References
Afdalia, A., Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 2, 1–4. https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article /view/12869
Alarifin, D. H. (2014). Penerapan Permainan Dalam Pembelajaran Pada Matakuliah Fisika Permainan Untuk Menghlangkan Kesan Kaku Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v2i2.120
Basri, S., Handayani, Y., Fisika, P., Maros, U. M., Fisika, P., Makassar, U. M., Egg, A., & Technology, P. L. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan : Pengembangan Mesin Penetas Telur Otomatis sebagai Produk Teknologi Pembelajaran Fisika. 7(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4662664
Basri, S., & Khatimah, H. (n.d.). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 JENEPONTO. 2, 84–89.
Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.201
Husin, V. E. R. W., & Darsono, T. (2018). Integrasi Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.15294/physcomm.v2i1.11491
Makhmudah, N. L., Subiki, & Supeno. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Kalimantan Tengah Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8, 181–186.
Matsun, M., Sari, I. N., & Boisandi, B. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika pada materi pengukuran berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 59. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17822
Sae, F. S., Husin, V. E. R., & Mellu, R. N. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Anyaman Nyiru untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Variabel, 4(1), 27. https://doi.org/10.26737/var.v4i1.2321
Satriawan, M., & Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1).
Zahra, F. A., & Basri, S. (2017). Penerapan Metode Bermain Dende-Dende Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Geometri Siswa SD di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 17(2), 661–669.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.