Pengaruh Literasi Digital dan Minat Baca Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD GMIT Kuanino 3 Kupang
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1793Keywords:
Literasi Digital, Minat Baca, Motivasi BelajarAbstract
Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Namun, rendahnya motivasi belajar masih menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan minat baca terhadap motivasi belajar siswa SD GMIT Kuanino 3 Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi digital dan minat baca berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Populasi penelitian terdiri dari 86 siswa dengan sampel sebanyak 40 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, serta uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai thitung 3,319 > ttabel 2,024 dan Sig. 0,002 < 0,05. Minat baca juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 4,007 > ttabel 2,024 dan Sig. 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil uji simultan menunjukkan bahwa literasi digital dan minat baca secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai Fhitung 28,902 > Ftabel 3,24 dan Sig. 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi digital dan minat baca memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga kedua aspek tersebut perlu ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan.
References
Kristanto, Andi. 2016. “Media Pembelajaran.” Bintang Sutabaya 1–129.
Kurniati, Pat, Andjela Lenora Kelmaskouw, Ahmad Deing, Bonin Bonin, and Bambang Agus Haryanto. 2022. “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21.” Jurnal Citizenship Virtues 2(2):408–23. doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.
Mulyati, Sri. 2023. “Pengaruh Komptensi Literasi Digital Dan Self Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Education and Development 11(3):210–16. doi: 10.37081/ed.v11i3.5052.
Nahak, Kristina, Cornelia Naitili, Maria Ceunfin, and Rasty Ndolu. 2024. “Merancang Media Papan Kosa Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sd Inpres Fatufeto 2.” Pemimpin-Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan 4(1):2–5.
Octavia, S. A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Simbolon, Marini Eliyanti, Arita Marini, and Maratun Nafiah. 2022. “Pengaruh Literasi Digital Tterhadap Minat Baca Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(2):532–42.
Soraya, Septiany Maulani, Kurjono Kurjono, and Imas Purnamasari. 2023. “Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderator.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2):681–87. doi: 10.31949/educatio.v9i2.4537.
Sugiarto, and Ahmad Farid. 2023. “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(3):580–97. doi: 10.37329/cetta.v6i3.2603.
Supriani, Y., U. Ulfah, and O. Arifudin. 2020. “Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan 1(1):1–10.
Susetyo, Dwinanto Priyo, and Deri Firmansyah. 2023. “Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan, Literasi Digital Dan Perilaku Keuangan Di Era Ekonomi Digital.” Economics and Digital Business Review 4(1):261–79.
Terttiaavini, Terttiaavini, and Tedy Setiawan Saputra. 2022. “Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(3):2155. doi: 10.31764/jmm.v6i3.8203.
Wirdayani, Andi, Syarifuddin Kune, and Sitti Fithriani Shaleh. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Glasser 7(1):133. doi: 10.32529/glasser.v7i1.1844.
Yahya, Rachmi Nursifa, Putri Salma N, Aulia Nur Jannah, and Prihantini Prihantini. 2021. “Pengelolaan Perpustakaan Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Aulad: Journal on Early Childhood 4(3):74–79. doi: 10.31004/aulad.v4i3.161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





