Analisis Problematika Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris dalam Mempelajari Materi States of Matter pada Mata Kuliah Bahasa Inggris untuk IPA

Authors

  • Lucky Amatur Rohmani STKIP Modern Ngawi
  • Happy Bunga Nasyirahul Sajidah Universitas Indo Global Mandiri
  • Army Al Islami Ali Putra STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i03.1733

Keywords:

Bahasa Inggris, permasalahan, kosakata, IPA

Abstract

Mempelajari bahasa asing khususnya Bahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri bagi mahasiswa jurusan non-English. Seperti mahasiswa program studi pendidikan IPA yang mempelajari materi states of matter pada mata kuliah Bahasa Inggris untuk IPA. Mereka dihadapkan pada situasi pembelajaran yang mengharuskan memahami materi IPA yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi permasalahan mahasiswa Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi dalam mempelajari materi states of matter di mata kuliah Bahasa Inggris untuk IPA. Penelitian ini melibatkan 21 mahasiswa prodi pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran di kelas. Wawancara dilakukan terhadap 4 mahasiswa untuk menggali informasi terkait permasalahan dalam mempelajari materi states of matter. Dokumentasi dilakukan dengan menganilisis dokumen terkait untuk mendukung data observasi dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan dengan mengadopsi model interaktif Miles, Saldana, dan Huberman yang meliputi data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika mahasiswa dalam mempelajari materi bahasa Inggris IPA adalah kurangnya penguasaan kosakata, kurangnya rasa percaya diri saat berbicara menggunakan bahasa Inggris, kesulitan menangkap makna, kurang maksimal dalam penggunaan media pembelajaran.

References

Anggraini, A. T., Khoirunnisa, J., & Marsa, N. (2022). Motivation and Interest in Learning English for Non-English Speaking Students. 2(1), 1–4.

Atmaja. (2023). Inggris Mahasiswa Prodi Pai Stai At-Taqwa. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 30–49. Retrieved from https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/4

Desi Sri Astuti, D. S. S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Teks Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 315–324. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i1.3270

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026

Helmarini, H., & Saputera, P. D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 01 Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(4), 591–596. https://doi.org/10.37676/mude.v1i4.3002

Khairunnisa, A. A., Elisabeth, A. N., Siagian, L. N., Ramadhani, A., Amalia, N., Medan, U. N., … Utara, P. S. (2025). 5882-29760-1-Pb (6). 3(1), 572–579.

Kholifah, S. P., & Hakiki, M. A. N. (2024). Perspektif Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa: Kesadaran dan Perkembangan. Karimah Tauhid, 3(1), 957–964. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11008

Mai Sri Lena, Sartono Sartono, Tiara Emilia, & Sania Khairanis. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 41–47. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.175

Miles, M, B., Huberman, A, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. United State of America: SAGE Publications, Inc.

Rahayu, A. P. (2022). English Learning Techniques for Students with Non-English Study Program. Jurnal Paradigma, 14(1), 30–38. https://doi.org/10.53961/paradigma.v14i1.101

Rohmani, L. A. (2023). Analisis Campur Kode pada Percakapan Sehari-Hari Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA.

Rohmani, L. A. (2024). Extensive Reading. In Strategies to Successful Extensive Reading. Gita Lentera.

Sajidah, H. B. N. (2024). Faktor yang Memengaruhi Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA dalam Mempelajari Kimia Dasar di STKIP Modern Ngawi. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 232–240. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i2.3547

Soruç, A., Yuksel, D., Horzum, B., McKinley, J., & Rose, H. (2024). Linguistic and non-linguistic factors impacting EMI academic success: a longitudinal study. Higher Education, 88(5), 1947–1968. https://doi.org/10.1007/s10734-024-01195-0

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 8, 30–41.

Tantri, Y. G., Romadlon, F. N., & Nurcahyo, A. D. (2023). The Problems Encountered by Non-English Department Students in Speaking English. International Journal of Research in Education, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/ijre.v3i1.12628

Thoriq, A., Virdan, C., & Hazriel, M. (2024). Student Difficulties in English Learning. Journal of Linguistics and Applied Linguistics, 1(2), 29–32.

Wang, S., Ge, S., & Tang, C. (2023). Non-English Majors’ Problems in Learning English Vocabulary and Strategies Revisited. European Journal of Education and Pedagogy, 4(4), 64–67. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.4.716

Zahro, U. A., Andiar, G. S., & Aidah, S. (2024). Presepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3414–3421. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12645

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Rohmani, L. A., Sajidah, H. B. N., & Putra, A. A. I. A. (2025). Analisis Problematika Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris dalam Mempelajari Materi States of Matter pada Mata Kuliah Bahasa Inggris untuk IPA. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(03), 637–645. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i03.1733