Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.430Keywords:
Berpikir kritis, Pembelajaran IPA, Problem based learningAbstract
Berfikir kritis adalah salah satu proses yang berjalan searah mencakup interaksi dari suatu rangkaina perkiran dan presepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh paradigma pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan tata cara analisis. Model penelitian Tindakan kelas untuk mendorong pemikiran kritis dalam pembelajaran IPA dengan pembelajaran pemecahan masalah melalui perbandingan antara pre-test dan post test dari 15 artikel yang serupa sebagai perbandingan melaui uji pair sample test dan untuk mengetahui seberaba besar pengaruhnya menggunakan effect size. Berdasarkan hasil kajian meta analisis didapatkan bahwa sebesar 1,87 yang menunjukan nilai pengaruh yang besar pada perhitungan effect size. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA memiliki dampak yang cukup besar terhadap ketrampilan berpikir kritis pada siswa SMP.
References
Akinoglu, O., & Ruhan, O, T. (2006). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on student`s Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71—81.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dana model pembelajaran: Mengajarkan konten dan ketrampilan berpikir. Jakarta, Indonesia: Indeks.
Ejin syahroni. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Alam. Junal Pendidikan, 1(1), 65 – 71. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72
Farisi, a., Hamid, abdul., melviana. 2017 pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep suhu dan kalor jurnal ilmiah mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika: Vol 2 (3): 310-318
Happy, Nurina. 2014. Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Matematis, serta Self-esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1): 48-57
Hmelo-silver, C. E., & Barrows, H. S. (2006). Goals And Strategies Of A Problem-Based Learning Facilitator Journal Of Problem-Based Learning, 1(1), 21-39. DOI: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1004
Maulana. (2008). Pendekatan metakognitif sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10, 39-46. Retrieved from https://file.upi.edu/Direktori/ JURNAL/PENDIDIKAN DASAR/Nomor 10-Oktober 2008/Pendekatan Metakognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matemika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD.pdf
Noviar, Dian & Dwi Reni Hastuti. 2015. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014/2015”. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8(2). Hlm. 42-47
Sari, Devi Diyas. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Susanti, A. E, & Suwu, S. E (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa kalas IX dalam pelajaran Ekonomi. Jurnal POLYGLOT, 12(1), 66-81. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v12j1.383
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.