Penerapan Metode Role Playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Pada materi Date, Day, Time, Ordinal Numbers, and Preposition of Time pada siswa kelas VII 1 MTsN 3 Rokan Hulu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Yulianti Yulianti MTsN 3 Rokan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.162

Keywords:

Role Playing, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris siswa pada materi Date, Day, Time, Ordinal Numbers, and Preposition of Time melalui penerapan metode Role Playing. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode  Role Playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris siswa pada materi Date, Day, Time, Ordinal Numbers, and Preposition of Time(2) Kemampuan siswa dalam berbicara Bahasa inggris meningkat, yaitu pada siklus 1 sebesar 71%, pada siklus II sebesar 86,2%.  Hasil yang diperoleh pada akhir siklus II telah melampaui minimal ketuntasan belajar siswa yang telah ditetapkan yaitu 80%, maka disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa inggris siswa pada materi Date, Day, Time, Ordinal Numbers, And Preposition of Time di kelas VII 1 MTsN 3 Rokan Hulu.

References

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1984/1985). Pendidikan keterampilan Berbahasa: Buku Materi Pokok Berbicara. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Djamarah dan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa

Muhammad Yaumi. Prinsip–Prinsip Desain Pembelajaran Diseuaikan dengan Kurikulum 2013; Edisi ke Dua. Jakarta : Kencana. 2013

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Yulianti, Y. (2022). Penerapan Metode Role Playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Pada materi Date, Day, Time, Ordinal Numbers, and Preposition of Time pada siswa kelas VII 1 MTsN 3 Rokan Hulu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 190–199. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.162