Model CTL Berbasis Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Teks Prosedur di SMP Darul Falah Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i03.1404Keywords:
Model CTL, Metode Demonstrasi, Teks ProsedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikombinasikan dengan metode demonstrasi dalam pengajaran teks prosedur di SMP Darul Falah Bandar Lampung. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui tahapan pengumpulan, pengelompokan, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model CTL berbasis demonstrasi secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis siswa. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 58,75% pada pra siklus, menjadi 75,88% pada Siklus I, dan mencapai 85,84% pada Siklus II, sehingga terdapat peningkatan sebesar 27,10% dari kondisi awal. Temuan ini menunjukkan bahwa model CTL berbasis demonstrasi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran teks prosedur dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar.
References
Alya & Fadillah, A. (2024). Penerapan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 406–414. Https://Ejournal.Lumbungpare.Org/Index.Php/Jim/Index
Amin, S. P. M. S., & Linda Yurike Susan Sumendap, M. P. (2022). Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan Lppm. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Rbtyeaaaqbaj
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Leutikaprio. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=9_6jdwaaqbaj
Astuti, H. L., & Amir, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(2), 167–176.
Awislisni, S., Dalman., & Salamah. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta, 1–6.
Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. Journal Of Information Systems And Management (Jisma), 3(1), 90–92.
Dalman. (2021). Keterampilan Menulis. Rajawali Pers. Pt. Rajagrafindo Persada. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=3-Cdeaaaqbaj
Fariq, W. M. (2023). Analisis Deskriptif Inovasi Strategi Dan Pembelajaran Dalam Kerangka Merdeka Belajar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 189–202.
Gustaman, R. F., Darmawan, A. W., Gandi, A., Wijayanti, A., Nurlaela, N., Idin, A., & Wahidin, W. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bayfa Cendekia Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Mto6eqaaqbaj
Idawati, Prayitno, H. J., Harsono, & Sutopo, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Media Audio Visual: Pembudayaan Dimensi Mandiri. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 4(2), 83–92.
Ikhsan, M. A., Septyanti, E., & Zulhafizh. (2021). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. Jurnal Tuah (Pendidikan dan Pengajaran Bahasa), 4(1), 13–18.
Kusumardi, A. (2023). Teknik Coaching Untuk Memahami Karakteristik Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 11–24.
Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0. Nilacakra. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=7f69eaaaqbaj
Lestari, V. A., Balawa, L. O., & Badara, A. (2025). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Mts Negeri 4 Buton. Jurnal Bastra, 4(2), 268–283.
N.K. Widiastini, I.M.Sutama, & I.N.Sudiana. (2023). Penerapan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 13–23. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V12i1.2220
Nehe, F. Z., Ndruru, M., Bu’ulolo, W. C. D., Laia, I. I., Halawa, M., & Harefa, D. (2024). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Dimensi Tiga. Cv Jejak (Jejak Publisher). Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Yd4eeqaaqbaj
Rona, R., Triansyah, F. A., Arif, M., Munirah, Prastawa, S., Fajriana, K., Wachyudi, K., & Muhammad Nur Iman. (2023). Pemahaman Kurikulum dan Buku Teks. Cendikia Mulia Mandiri. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Xhjxeaaaqbaj
Sari, R. U., Rahayu, Z. R., & Putri, M. (2022). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas Vii Smp N 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Edukasi dan Literasi, 4(1).
Suryani, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur Melalui Metode Demonstrasi Kelas Ix A Smp Negeri 1 Pogalan. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 115–122. Https://Doi.Org/10.51878/Language.V1i1.483
Tampubolon, T., Angkris Tambunan, M., Saragih, V. R., Sirait, J., & Siregar, J. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 229–238. Https://Doi.Org/10.47709/Jbsi.V2i2.1863
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





