Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Menumbuhkan Budaya Positif di Sekolah

Authors

  • Eka Saputri Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Dalman Dalman Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Rona Romadhianti Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1218

Keywords:

Kampus Mengajar, Mahasiswa, Budaya Positif

Abstract

Kurangnya budaya positif di sekolah menjadi tantangan yang harus segera diatasi, salah satunya melalui program Kampus Mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa Kampus Mengajar dalam menumbuhkan budaya positif di Sekolah. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah di SDN 30 Way Lima. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa Kampus Mengajar mampu menumbuhkan budaya positif dalam aspek motivasi belajar, kepedulian sosial, kreativitas, ketekunan, disiplin, literasi, dan keterlibatan aktif peserta didik. Program ini relevan diterapkan di sekolah dengan iklim yang kurang inovatif, kurang motivasi belajar, kurangnya kesadaran lingkungan, serta kurangnya pemanfaatan teknologi.

References

Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F. (2022). Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi, 4(1), 55.

Ahmadi, & Hadi, S. (2023). Upaya peningkatan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(1), 50–58. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). Kampus Mengajar: Upaya Transformasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237–241.

Dalman. (2018). Keterampilan Membaca. Jakarta : Rajawali Pers.

Dalman, D., Raehang, R., Virama, L. A., & Sulaiman, K. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 75.

Etika, E. D., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P. L., & Al Maida, D. R. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 281–290.

Fitriani, R., Regita Sari, D., & Ekasari, A. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Smp Negeri 15 Kota Bekasi. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 612–622.

Hakim, W. I., Rizky, A. D., & Fadilah, R. E. (2024). Dampak Program Kampus Mengajar terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SMP: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1208–1219.

Hodner Kuanine, M., Yohanis, K. E., Afi, M., Tinggi, S., Sabda, T., & Surabaya, A. (2023). Upaya Guru Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman Melalui Manajemen Budaya Sekolah Yang Positif. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), 1–14.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., & Putri, H. I. (2024). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Positif di Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 25762–25770.

Khoiriah. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

Laila, N. A. (2004). Penerapan budaya positif di sekolah. Pendidik Guru Penggerak.

Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Metodik Didaktik, 17(2), 137–144.

Meilinda, R., & Mustoffa Firdausi, A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMP Sunan Kalijaga Sampung Melalui Implementasi Program Kampus Menagajar 4. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 592–609.

Nadia Anisah fauziah, Hernadianto, Rina Yuniarti, & Mirra Sriwahyuni. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Mensukseskan Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 434–441.

Nurmaya. (2021). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Pengelolaan Pojok Baca di Kelas. Jurnal Abdidas, 2(2), 273–279.

Pendidikan, K., Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan, Dasar, P., & Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, dan. (2021). Panduan Edukasi Pengurangan Sampah Plastik Melalui Budaya Sekolah. Panduan Edukasi Pengurangan Sampah Plastik Melalui Budaya Sekolah, 1–33.

Purnama, M., Boru, J., & Hariyana, N. (2022). Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan komptensi sdn sepatan III kabupaten tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS PATIKALA, 1(4), 316–324.

Romadhianti, R., Karomani, & Samhati, S. (2015). Peningkatan Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Teks Bacaan Melalui Model Discovery Learning. J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3 No. 1(2), 1–10.

Saputra, M. A. (2023). Learning / PJBL ) dalam meningkatkan kreativitas pembelajar melalui market day. 2(1), 150–154.

Syafila Chabsarotul Islamiyah, Timurrana Dilematik, Qonita Annavidza, Nuril Badiatus Sa’adah, Ika Ayuningsih, & Farah Annisa. (2023). Penerapan Budaya Positif untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Kelas X SMA Negeri 1 Sooko. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 35–42.

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125–133.

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354.

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Saputri, E., Dalman, D., & Romadhianti, R. (2025). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Menumbuhkan Budaya Positif di Sekolah. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(02), 270–278. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1218