Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK pada Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nazwa Maharani Putri Abubakar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tia Purniati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v2i02.789

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Kurikulum Merdeka, Efikasi Diri

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik ialah kemampuan pemecahan karena kemampuan tersebut termasuk ke dalam keterampilan yang erat hubungannya melalui ciri matematika. Kemampuan yang berupa pemecahan masalah juga memiliki hubungan yang erat dengan keyakinan peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang diberikan atau disebut Self-Efficacy. Apalagi pada sistem Kurikulum Merdeka peserta didik cenderung diberi kebebasan dalam pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengukur, dan menganalisis bagaimana self-efficacy mempengaruhi kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematis. Penelitian ini mengikutsertakan 19 siswa yang berasal atas sebuah SMK Negeri pada Kabupaten Cipendeuy. Hasilnya menampilkan bahwasanya ada korelasi dengan signifikan diantara suatu kemampuan yang dimiliki siswa dalam memecahkan permasalahan matematis beserta Self-Efficacy mereka sendiri.

References

Albatani, M. R. (2022). PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX MTS Negeri 4 Lebak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022).

Apriliana, A & Listiadi, A. (2021). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pengaruh Efikasi Diri, Fasilitas Belajar dan Intensitas Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 221-230

Jatisunda, MG (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of …,

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.

Mulyasa, HE (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka., books.google.com,

Ormrod, jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. (Penerjemah: Amitya Kumara). Jakarta: Erlangga.

Rani, PRPN, Asbari, M, Ananta, VD, & Alim, I (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems …, jisma.org,

Somawati. 2018. Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan , Vol 6 (1): 39-45.

Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergen Tipe Membuktikan pada Mahapeserta didik Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.

Yasmansyah, Y (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, jpion.org,

Zakiyah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA dengan Terhadap Materi Splkdv. Journal On Education, 1(2), 83–89.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Abubakar, N. M. P., & Purniati, T. (2024). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK pada Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 2(02), 112–120. https://doi.org/10.57008/jjm.v2i02.789