Pemanfaatan Media Cromebook Dalam Mengakses Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 7 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v2i02.664Keywords:
Cromebook, Google Classroom, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari media cromebook dalam mengakses google classroom pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dimana teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang ditunjukkan adalah bagaimana manfaat media cromebook dalam mengakses google classroom pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 7 Bukittinggi. Berdasarkan dengan penelitian yang dilakukan bahwasannya media cromebook ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam mengakses google classroom. Dan juga sangat membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajarnya dengan mudah. Berdasarkan wawancara dengan guru bahwasannya media cromebook ini sangat membantu dalam proses belajar dan siswa akan lebih gampang dalam mengakses pembelajaran dari pada memakai buku yang disediakan dari perpustakaan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya penggunaan media cromebook untuk mengakses google classroom sangat bermanfaat karena dapat meringankan kerja guru dan siswa juga dengan mudah mengakses pembelajaran yang akan dipelajari.
References
Fatikhah, Mauliga Hana dan Nur Samsiyah. “Peningkatan HAsil Belajar IPAS melalui media cromebook.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (2023).
gapsari, nurul, kamariah dan etriana meirista. “Aplikasi Model Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.” JIPM (2020): 64.
Gupta, A. & Pathania, P. (2021). To study the impact of google classroom as a platform of learning and collaboration at the teacher education level. Education and Information Technologies, 26.
Salam, U. (2020). The students’ use of google classroom in learning english. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 9(4), 628-638.
Nirfayanti, N. & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam Pembelajaran analisis real. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 50–59.
Utami, R. (2019). Analisis respon mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada mata kuliah psikologi pembelajaran matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2.
Heriansyah, M.R., Nur Romdoni, A.D., Ramadhan, A., Baadila, A.S.C., Asih, C.S., Ramadhan, D., Septian, D., Ovandi, D.T., Bachtiar, R., Suhada, R., dan Tumenggung, H.I. (2021). Pengenalan Dasar Chromebook untuk Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar pada SMK Negeri 7 Tangerang Selatan. JATIMIKA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2
Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., dan Syahrudi, H. (2023). Pemanfaatan chromebook dalam mempelajari IPAS si Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9(1).