Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas VII MTSN 2 Kerinci

Authors

  • Latifa Intan Brilian Putri Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Nadiya Hesti Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Reri Seprina Anggraini Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v2i02.641

Keywords:

Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), SPLSV

Abstract

Lintasan belajar hipotetik menawarkan sebuah deskripsi dalam perencanaan pembalajaran matematika. Lintasan belajar hipotetik juga membanttu guru belajar dalam mengikuti dan menginterpretasi cara berpikir matematis siswa, juga menjadi alat bagi guru untuk mengembangkan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lintasan belajar siswa kelas VII pada materi SPLSV di MTs Negeri 2 kerinci dengan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Research. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Kerinci, Kec. Air Hangat, Kab. Kerinci, Prov. Jambi. Subjek pada penelitian ini dilakukan pada kelas VII D yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan lintasan belajar siswa pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII di MTs Negeri 2 kerinci yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep sistem persamaan linear variabel selama proses pembelajaran, karena dapat dilihat bahwa dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan HLT dan LAS terdapat lebih dari setengah siswa mampu memahami konsep sistem persamaan linear satu variabel.

References

Afifah, D. S. N. (2011, December). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Kelas Vii. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta.

Lede, YK, & Kii, YI (2018, Februari). LINTASAN BELAJAR UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI MEMBUAT MODEL MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BAGI SISWA KELAS VIII. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.

Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Desain penelitian sebagai pendekatan desain pembelajaran . CV. Reka Karya Amerta.

Ramadhanti, P. (2015). Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada materi elastisitas untuk mengetahui lintasan belajar siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 88-98.

Sipayung, TN, & Simanjuntak, SD (2018). Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (Las) Matematika Kelas X Sma Berbasis Variasi Model Pembelajaran Kooperatif. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) , 11 (1).

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Putri, L. I. B., Hesti, N., & Anggraini, R. S. (2024). Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas VII MTSN 2 Kerinci. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 2(02), 121–128. https://doi.org/10.57008/jjm.v2i02.641