Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share pada Materi Analisis Variansi
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1662Keywords:
Think Pair Share, analisis variansi, hasil belajarAbstract
Analisis variansi merupakan salah satu materi yang ada pada mata kuliah statistik dasar dan dianggap sulit bagi mahasiswa. Hal ini terlihat dari sangat minimnya mahasiswa yang menggunakan analisis variansi sebagai teknik analisis data penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Think Pair Share pada materi analisis variansi. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen yang menggunakan dua kelas jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi analisis variansi secara signifikan. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang dikenai pembelajaran Think Pair Share terbiasa aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan untuk memahami konsep yang dipelajari dan juga aktif dalam presentasi. Maka dari itu, model pembelajaran Think Pair Share cocok diterapkan dalam perkuliahan, khususnya pada pembahasan materi analisis variansi. Lebih lanjut, dampaknya dapat meningkatkan persentase mahasiswa jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam yang menggunakan analisis variansi sebagai teknik analisis data dalam penelitiannya.
References
Budiyono. Statistika untuk Penelitian Edisi Ke-2. Surakarta: UNS Press, 2016.
Daming, A. S., & Saman. (2023). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal soal pengujian hipotesis mata kuliah dasar dasar statistik pada mahasiswa Agribisnis. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 30–42. https://doi.org/10.71456/ecu.v1i3.515
Fajri, N., & Zainal, H. (2021). Perbandingan hasil belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran TPS dan TTW pada mata kuliah statistika ekonomi I. Jurnal Pendidikan Matematika: JPM, 5(2), 122–130. https://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/5397
Puspitarini, N. M., Ardana, I. M., & Astawa, I. W. P. (2025). Pengaruh model pembelajaran TPS dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 14(1), 1–12. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/4575
Sururoh, M., Setyosari, P., & Subanji. (2018). Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 945–951. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11779
Tambunan, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 21–29. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/28180
Wahyuni, A. (2019). Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 277–286. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.269
Wulandari, Y., Afryanza, F., & Gustiningsi, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33–38. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6328

