Penerapan Media Wordwall Terhadap Minat Literasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP Pada Materi Himpunan
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1518Keywords:
Himpunan, minat literasi matematika, motivasi belajar, wordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Wordwall tehadap minat literasi dan motivasi belajar siswa SMP dalam mata pelajaran matematika pada materi himpunan. Penelitian yang di gunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII.5 SMP 40 PALEMBANG. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif guna melihat minat siswa dalam literasi matematika dan motivasi belajar mereka. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa minat literasi 86% dan motivasi belajar siswa 84% pada pembelajaran matematika menggunakan media Wordwall terkategori sangat baik.
References
Azahra, A., & Fathurohman, M. (2025). PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 MENES. 6(1), 21–29.
Bela Vista, E. R., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Media Game Online Wordwall Pada Mata Pelajaran Ppkn. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271–279. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.357
Harisma, S. N., Fitriani, N., Nurfauziah, P., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2023). Kesalahan Siswa Mts Dalam Memahami Soal Tes Pada Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi Bloom Level Kognitif. JPMI- Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(2614–2155), 1045–1054. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17517
Jerman, B., Putri, E. E., & Saleh, N. (1835). Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan.
Kadita, D., Husaeni, H., & Arifin, F. (2024). Analisis Kesulitan Belajar dan Solusinya Terhadap Mata Pelajaran Matematika Materi Himpunan Pada Siswa. 2, 113–130.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., Aeni, A. N., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, U. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Judul Bahasa Inggris. 2(1), 19–26.
Moniy, Y. R., Hamid, H., & Noviyanti, M. (2024). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa SMA pada materi program linier. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 138–157. https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7893
Nabilah, N. P., & Warmi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1454–1464.
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. 7(1), 140–147.
Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Smpit Fajar Ilahi Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 100–115.
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135–148. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy
Permana, S. P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. 6(5), 7831–7839.
Pratiwi, A., & Muhaiminah Jalal. (2025). ENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 41/1 DESA KUAP. Jurnal Dinamika Pendidikan, 5(2), 1–51.
Rembulan Permata Octalia, Nur Rizal, H. S. A. S. A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAME CHALLENGES UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI UPAYA. 149–166.
Renata, Z., Oktavia, I., Irawan, D., Naji, A., Pebrianto, A., & Nurhidayati, L. (2024). Efektivitas penggunaan media games edukasi berbasis teknologi : wordwall terhadap motivasi belajar siswa. 4, 322–330.
Saku, B. (n.d.). Kurikulum.
Saniah, Siti Lilis & Heni, P. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SD Bakung III. Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 8(2), 76–80.
Tunissa, I. F., Salamah, S., Wiramanggala, A. N., Aprilianti, A. D., & Aeni, A. N. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN MENELADANI KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB DI KELAS 6 SD Siti Salamah Ayu Nabila Wiramanggala Alda Dwi Aprilianti Ani Nur Aeni PENDAHULUAN Kepemimpinan merupakan sebuah proses mempengaruhi yang berlangsung dari satu orang kepada orang lai. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar.
Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

