Implementasi Motion Graphic Sebagai Media Edukasi Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1444Keywords:
Motion Graphic, Media Pembelajaran, MatematikaAbstract
Matematika adalah mata pelajaran yang membutuhkan strategi khusus untuk membuat siswa tertarik dan memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar dan menguji kinerja motion graphic sebagai media pembelajaran dengan menggunakan desain satu group pre-test-post-test. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas 10 dari SMA Kristen Immanuel di Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. Motion graphic dapat membantu siswa belajar trigonometri. Studi ini menggunakan villamil molina yang terdiri dari 5 tahapan produksi dimulai dari tahapan development, pra-produksi, produksi, post-produksi dan delivery. Motion graphic sebagai media pembelajaran sangat efektif ketika digunakan dengan media eksperimental. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil daftar distribusi t dengan taraf sifikansi pada 0.05 dan db = 35-1. Nilai t tabel adalah 2.03, dan nilai t hitung adalah 8,99 lebih besar dari t tabel. Oleh karena itu, hipotesis menunjukkan bahwa cara siswa memahami Trigonometri setelah melihat video motion graphic berubah.
References
Afifa, & EGIRIYONO. (2021). PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ARSITEKTUR DAN FILOSOFI RUMAH LIMAS PALEMBANG.
Fadilah, A., Nurzkiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, A. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2).
Fadilah, N. U. (2019). Artikel Media Pembelajaran.
Habibie, A. H., & setyaningrum, W. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DEVELOPMENT OF MOTION GRAPHIC MATHEMATICS LEARNING MEDIA TO IMPROVE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ MATHEMATICS PROBLEM SOLVING ABILITY. https://doi. org/10.21831/jpm.v10i1.20296
Jauhari Aziz. (2020). PERANCANGAN MOTION GRAPHICS SEBAGAI SARANA EDUKASI ASTRONOMI DI INDONESIA.
Milawati, Nursiah, S., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2021). Penerapan media ajar video animasi motion graphic dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas i di upt spf sd negeri panaikang iikota makassar Application of motion graphic animation video teaching media in improving mathematics learning outcomes in class i at upt spf sd negeri panaikang iikota makassar.
Nurhikmah Aisyah. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI GAME EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.
Said, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO.
Wulandari, A. (2022). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI) (Vol. 1).
Dwiya Yudhana, B., & Gunawan, O. A. (2023). PERAN MOTION GRAPHIC PADA ANIMASI KOK BISA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL. 4(1).
Novianto, A., Ramdhan, Z., & Iskandar, M. (2023). PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PELATIHAN UNTUK TENAGA PEMASAR DI PT MARSIT BANGUN SEJAHTERA MOTION GRAPHIC DESIGN AS TRAINING MEDIA FOR MARKETERS AT PT MARSIT BANGUN SEJAHTERA (Vol. 10, Issue 2).
Rizal, M., Ashar Pahany, M., & Informatika STMIK AKBA Makassar, T. (2021). Rizal dkk, Perancangan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi Stmik AKBA PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI STMIK AKBA.

