Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bentuk Geometri

Authors

  • Nabila Nurhaliza Ali STAI Putra Galuh Ciamis
  • Fitri Astuty STAI Putra Galuh Ciamis
  • Nina Herningsih STAI Putra Galuh Ciamis
  • Ayi Nida Nursaidah STAI Putra Galuh Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1314

Keywords:

Media pembelajaran, Geoboard, Geometri, Pembelajaran interaktif

Abstract

Penggunaan media pembelajaran memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam mengidentifikasi bentuk geometri pada peserta didik kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Pada desain ini terdapat pre-test sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberikan perlakukan. Penelitian dilaksanakan pada November 2024 di salah satu sekolah di Kabupaten Ciamis dengan subjek 15 peserta didik kelas 3 SD. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes identifikasi bentuk geometri berdasarkan indikator dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan geoboard efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Uji statistik t menghasilkan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.005), yang menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran.

References

Aini, T. N., Sari, T. N., R, N. H., & Darmadi, D. (2024). Media Pembelajaran Geoboard Meningkatkan Pemahaman Keliling Bangun Datar Siswa Kelas V SDN Tlogomas 2. Indonesian Journal Of Education, 1(2), 35–42.

Ali, N. N., & Lestari, P. (2023). Implementasi media interaktif visual scratch untuk mengoptimalkan kemampuan kreatif matematis siswa SD. 04(1), 18–22.

Ali, N. N., & Rahayu, D. V. (2024). Development of website-based learning media based on learner behaviorism. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 533–544. https://doi.org/10.31980/PLUSMINUS.V4I3.2411

Aprilia, N., Fadila, S., Hanafi, M., Fitria, Y., & Media, A. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Geometri : Tinjauan Literature Review. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 3(1), 314–317.

Fikri, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Papan Berpaku Pada Anak Tunarungu Kelas V Di Sekolah Luar Biasa Karnnamanohara Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(11), 1181–1191.

Nugroho, M. F., & Sutriyani, W. (2024). Efektifitas Media Geoboard Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas 3. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 255–264. https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.5219

Nuraini, L., Nuraeni, E., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 35–40.

Poloamina, B. O., Otikor, M. S., & George, N. R. (2024). Concrete Geoboard Manipulatives and Junior Secondary School Students ’ Performance in Plane Geometry in Port Harcort , Nigeria Article Info Received : 11-10-2024 Accepted : 14-11-2024 Page No : 1443-1449. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 05(06), 1443–1449.

Pujawati, S., Saleh, Y. T., & Habibie, A. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas V SDN Leuwikidang. HEMAT: Joirnal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 602–615.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Trikesumawati, D., Ishamy, M. W., & Rizqullah, M. R. (2025). PERAN MEDIA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA MODERN. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 531–539.

Uyen, B. P., Tong, D. H., Loc, N. P., & Thanh, L. N. P. (2021). The effectiveness of applying realistic mathematics education approach in teaching statistics in grade 7 to students’ mathematical skills. Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 185–197. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.185.197

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Ali, N. N., Astuty, F., Herningsih, N., & Nursaidah, A. N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bentuk Geometri. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(02), 80–86. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1314