Systematic Literature Review: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kompetensi Pemecahan Masalah pada Siswa

Authors

  • Putri Azzahra Nurlatifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Dea Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lintang Najwa Azizah Universitas Negeri Malang
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1289

Keywords:

Pembelajaran Matematika Realistik, PMR, Pemecahan Masalah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dasar dan prinsip dari pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), serta mengidentifikasi temuan penelitian terdahulu mengenai efektivitas pendekatan ini terhadap peningkatan kompetensi pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah tinjauan literatur sistematik (Systematic Literature Review/ SLR) dengan desain PRISMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RME memiliki tiga prinsip, yaitu (1) Guided Reinvention dan Progressive Mathematizing, di mana siswa belajar matematika melalui eksplorasi dan tantangan bertahap, (2) Didactical Phenomenology, yang menghubungkan matematika dengan fenomena nyata, (3) Self-Developed Models yang membuat model dari masalah yang mereka kenal dan mengubahnya menjadi bentuk matematika yang lebih formal. RME juga terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi pemecahan masalah siswa dengan menghubungkan pembelajaran matematika dengan konteks nyata yang relevan sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Implementasi RME dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan jenjang pendidikannya, dan juga mempertimbangkan aspek kognitif dari siswa.

References

Agsya, F. M., Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa MTs. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31-44.

Andzin, N. S., Sari, P. Y. P., Widodo, R. C., Sukowati, D. I., Indriastuti, S., & Nursyahidah, F. (2024). Arithmetic Sequences and Series Learning Using Realistic Mathematics Education Assisted by Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(1), 139–148.

Chairil Hikayat, S., Hairun, Y., & Suharna, H. (2020). Design of realistic mathematics education approach to improve critical thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2232-2244.

Diryatika, E., & Armiati, A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 6(1), 110-118.

Farodisa, S., & Sari, A. D. I. (2023). a Systematic Literature Review (Slr): Implementasi Media Dakon Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 71-80.

Gumanti, G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Kecamatan Bantan. Prisma, 11(2), 310-319.

Hidayat, W., Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2(1), 109-118

Hirzi, R. H., Chandrawati, C., Septiani, A., Astutu, S. H., Bidayah, N., & Abdullah, A. (2024). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education Melalui Kegiatan Lesson Study: Pendekatan RME, Lesson Study, Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 570-580.

Isnaini, R., & Aini, N. (2024). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika SDN Ploso. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1462-1471.

Karjiyati, V., Supriatna, I., Agusdianita, N., & Yuliantini, N. (2022). Peningkatan kemampuan literasi matematika mahasiswa melalui penerapan model RME pada perkuliahan konsep dasar geometri dan pengukuran. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 49-56.

Le Van Tien , Duong Huu Tong , Nguyen Thi Tu Vy (2020). Verification and Control of Solving Pseudo-Real Problems Related to the Systems of Equations. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3551 - 3561.

Meika, I., Solikhah, E. F. F., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 211-221.

Nasir, A. M., Sari, I.E., Yasmin. (2019). Efektifitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 02, (01), 22-32.

Ndiung, S., Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The Effect of Treffinger Creative Learning Model with the Use RME Principles on Creative Thinking Skill and Mathematics Learning Outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873-888.

Nur, A. S., Marlissa, I., Kamariah, K., Palobo, M., & Ramadhani, W. P. (2021). Mathematics education research in Indonesia: A scoping review. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(2), 154-174.

Pramudiani, P., Herman, T., Dolk, M., & Doorman, M. (2022). How Does a Missing Part Become Important for Primary School Students in Understanding Fractions?. Journal on Mathematics Education, 13(4), 565-586.

Putri, A. F. H., Sulistyowati, D. R., Fittari, M., Julianto, J., & Wiryanto, W. (2024). Analisis Metakognisi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika Bangun Ruang dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(1), 26-39.

Putri, R. I. I., Zulkardi, & Riskanita, A. D. (2022). Students’ problem-solving ability in solving algebra tasks using the context of Palembang. Journal on Mathematics Education, 13(3), 549-564.

Putri, S. M. S., Fadhilaturrahmi, F., Rizal, M. S., Surya, Y. F., & Marta, R. (2024). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 155-170.

Rachman, M. I., & Sadikin, A. (2024). Tren Publikasi Asuransi Siber: Evaluasi Melalui Lensa PRISMA Dalam Literatur Ilmiah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 10076-10093.

Rosneli, M. R., Fadhilaturrahmi, F., & Hidayat, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 70-78.

Soebiartika, R., & Rindaningsih, I. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Sistim Kompensasi dan Penghargaan Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah Sidoarjo. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 171-185.

Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3): 11-21.

Wirahayu, Y., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Keterampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 23(1), 30-40.

Zagoto, M. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Educations untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 3(1), 53.

Zeljić, M., Dabić Boričić, M., & Maričić, S. (2021). Problem Solving in Realistic, Arithmetic/algebraic and Geometric Context. Education and Science Journal.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Nurlatifah, P. A., Salsabila, A. D., Azizah, L. N., & Nurjanah, N. (2025). Systematic Literature Review: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kompetensi Pemecahan Masalah pada Siswa. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(01), 66–79. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1289